Indonesia Merupakan Negara Pengekspor Terbesar Kebutuhan Pokok di Tomor Leste

Category: Ekonomi | Posted date: Selasa, 29-Aug-2023 19:20 | Updated date: 2023-08-29 19:28:48 | Posted by: Dodo Hawe



HELOTIMORLESTE.COM - Hingga saat ini Indonesia masih merupakan negara yang paling banyak mengekspor berbagai kebutuhan pokok Timor Leste, Indonesia menempati urutan teratas sebagai negara pengekspor utama ke Timor Leste.

Selain Indonesia ada negara-negara lain seperti China, Taiwan, Singapura, Malaysia, Australia, India, Vietnam, Amerika Serikat, dan Hong Kong juga memasok barang ke Timor Leste.

Menurut catatan Direktorat Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kemendag, nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Timor Leste periode Januari-Mei 2023 mencapai 134,38 juta dolar AS.

Jumlah itu meningkat sebesar 23,72 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022, dengan nilai 108,61 juta dolar AS.

Baca juga: Ekspor Kopi Indonesia Tahun 2023/2024 Menurun Hingga Sepertiga, Khusus Jenis Kopi Robusta

Ekspor produk utama Indonesia ke Timor Leste adalah minyak kelapa sawit dan fraksinya, makanan olahan, sepeda motor, semen, tepung terigu dan meslin, persediaan makanan, mesin kendaraan bermotor, serta besi dan baja.

Pada tahun 2022, total ekspor nonmigas Indonesia ke Timor Leste mencapai 292,61 juta dolar AS.

Hal ini tercatat meningkat sebesar 18,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya 2021 yaitu sebesar 246,09 juta dolar AS.

Selama periode 2018-2022, ekspor Indonesia ke pasar Timor Leste juga tercatat mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 11,41 persen per tahun.

Baca juga: Ekspor Kopi Timor Leste Nomor Tiga di China, Ungguli Australia, Jepang dan Inggris

Dilansir kantor berita Antara, Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan menyampaikan, pelaku ekspor diharapkan semakin termotivasi untuk meningkatkan volume dan nilai ekspor ke Timor Leste.

"Sekaligus semakin memahami peraturan ekspor yang ada di Indonesia dan di Timor Leste sebagai negara tujuan ekspor," kata Marolop.

Baca juga: Prospek Kopi Timor Leste Tahun Lalu Berhasail Ekspor Sebanyak ini, Ada Merk Kopi Timor Mountain di Australia

Lebih lanjut, pelaku ekspor diharapkan dapat membangun sarana produksi dan pergudangan di sekitar perbatasan untuk memperkuat daya saing ekspor.

Saat ini negara-negara pesaing Indonesia seperti Tiongkok, Thailand, dan Vietnam semakin agresif dalam melakukan penetrasi pasar ke Timor Leste. **