Ketua Menteri Australia Utara Natasha Fyle akan Perkuat Hubungan dengan Timor Leste

Category: Internasional | Posted date: Sabtu, 1-Jul-2023 22:30 | Posted by: Satwika Rumeksa



HELOTIMORLESTE.COM - : Ketua Menteri Wilayah Utara Australia Natasha Fyles akan menghadiri pengambilan sumpah Perdana Menteri baru Timor-Leste Sabtu (1/7) hari ini.

Ketua Menteri juga akan bertemu dengan Pemerintah baru dan Menteri Kabinet di mana hubungan yang lebih kuat antara kedua wilayah akan dikembangkan.

Diskusi bilateral akan diadakan mengenai tenaga kerja, biosekuriti, dan layanan kesehatan.

Pada bulan Februari tahun ini, Pemerintah Northern Territory dan Timor-Leste menandatangani Perjanjian Kemitraan Strategis baru yang semakin memperkuat ikatan dan membuka kerja sama antara wilayah kami.

Baca juga: Tidak Ada Paspor! Pasien Timor Leste Kebingungan Berobat ke Luar Negeri, Padahal Kena Kanker

Tahun ini Pemerintah Territory juga telah mengalokasikan $250.000 untuk mendanai proyek keterampilan dan tenaga kerja dengan Timor Leste, dengan fokus utama pada perawatan manula, keramahtamahan dan konstruksi.

Membahas peluang perdagangan dan ekonomi, Ketua Menteri juga akan mengunjungi Laboratorium Kesehatan Nasional di Timor Leste, yang bekerja sama dengan Menzies untuk meningkatkan hasil kesehatan di wilayah tersebut.

“Northern Territory dan Timor Leste menjaga hubungan yang unik dan dekat berdasarkan ikatan ekonomi, strategis dan budaya.

Baca juga: Xanana Gusmao Perdana Menteri yang Tidak Pernah Menangis, Musuh Malah Dirawat

“Timor Leste diidentifikasi sebagai negara prioritas dalam Strategi Keterlibatan Internasional Northern Territory 2022-2026.

“Kunjungan saya ke Timor Leste untuk menyambut Pemerintah baru mereka semakin memperkuat hubungan Territory dengan Timor-Leste dan mendorong pertumbuhan di masa depan di seluruh sektor sosial-ekonomi utama untuk keuntungan bersama warga negara dan komunitas kami.”**