Segera Dibangun Timor Marina Square, Gedung Mewah Bertingkat Tertinggi di Timor Leste

Category: Nasional | Posted date: Kamis, 27-Jul-2023 19:11 | Updated date: 2023-07-27 19:15:07 | Posted by: Dodo Hawe



HELOTIMORLESTE.COM - Proyek pembangunan Timor Marina Square di di Lecidere Dili, Timor Leste yang merupakan gedung bertingkat tertinggi di Timor Leste akan segera dilaksanakan mulai bulan Oktober 2023.

Perusahaan yang ditunjuk untuk membangun mega proyek gedung pencakar langit itu adalah Vico Construction, salah satu perusahaan konstruksi asal China.

Sementara Timor Marina Square sendiri adalah milik dari A-Smart Holdings Ltd, sebuah perusahaan properti pengembangan campuran di Timor-Leste, yang memiliki menara gedung 23 lantai dan 19 lantai.

Sebuah konsorsium yang terdiri dari A-Smart Property Holdings Pte Ltd, anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Grup, Vico Investment (Timor) Pte Ltd dan Elegant Marble Group Unipessoal LDA dibentuk untuk mengembangkan Proyek tersebut.

Baca juga: Perusahaan Mintak Timor Resources Ungkap Hasil Pengeboran Minyak di Kotamadya Cova Lima

Proyek ini diperkirakan memiliki nilai investasi sebesar USD 85,0 juta dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2025 dan merupakan gedung tertinggi di Timor Leste saat ini.

Dilansir dari kantor berita Tatoli, Manajer Program Vico Construction, John Zhao Shi Cai menjelaskan jika proyek awal telah dimulai dengan pengeboran air bersih bawah tanah sedalam 60 meter, untuk kebutuhan proyek dan kebutuhan Timor Marina Square.

Progres selanjutnya adalah pihak investor akan mendatangkan peralatan melalui Pelabuhan Tibar, Timor Leste pada 18 Agustus 2023.

Baca juga: Generasi Digital Timor Leste Suka Konten Traveling, Belajar Bahasa Inggris dan Akses Internet Cepat

"Kami akan menyelesaikan proses pengeboran air pada akhir agustus 2023," ujar John Zhao Shi Cai di Lecidere, Rabu (26/7/2023).

Sementara pada bulan September 2023 akan mendatangkan dan inventarisir kebutuhan konstruksi dan material seperti pasir, batu kerikil, batu besar, besi dan lain-lain sebelum proyek dimulai.

John Zhao Shi Cai akan mengindentifikasi material konstruk berkualitas yang di dapatkan dari Bumi Lorosae, yang merupakan tantangan tersendiri.

Untuk proses pembangunan proyek ini, Vico Construction akan mempekerjakan sekitar 180 pekerja asing dari China, India, Sri Lanka dan 100 pekerja dari Timor Leste.

Proyek Timor Marina Square sendiri sebelumnya pada 17 Mei 2022 telah dilakukan peletakan batu pertama oleh PM Taur Matan ruak, yang selanjutnya dalam 3 tahun kedepan diharapkan proyek ini sudah selesai.

Baca juga: Spanyol Akan Beri Dukungan Kerjasama Sektor Ekonomi, Pariwisata dan Lingkungan Hidup di Timor Leste

Proyek yang dipegang oleh perusahaan asal Singapura ini telah diluncurkan melalui peletakan batu pertama pada 17 mei 2022 dengan partisipasi Perdana Menteri saat itu, Taur Matan Ruak.

Sebelumnya, pada 30 september 2022, CEO A Smart Holdings Ltd, Liam Huan Chiang meyakini proyek akan memakan waktu sekitar tiga tahun untuk diselesaikkan dan bangunan harus siap pada akhir 2025.

Baca juga: Destinasi Wisata di Pulau Atauro Timor Leste dari Bawah Laut, Trakking hingga Menjelajah Budaya Desa

Timor Marina Square
Lokasi Timor Marina Square akan menempati lahan hal milik, seluas 3.200 meter persegi, terletak sangat dekat dengan gedung-gedung penting, seperti kedutaan asing dan kantor pemerintah Timor Leste.

Timor Marina Square memiliki dua menara masing-masing 23 lantai dan 19 lantai, yang didalamnya terdiri dari ritel dan komersial, sebanyak 13 unit, kantor, 49 unit.

Selain itu Timor Marina Square juga memiliki apartemen pelayanan (serviced apartemens, sebanyak 105 unit dan apartemen hunian mewah sebanyak 157 unit.

Timor Marina Square sangat siap untuk menjadi landmark ikonik di Timo Leste, karena struktur arsitekturnya yang khas dan desainnya yang modern.

Baca juga: Menarik Wisatawan Kabupaten Biak Numfor, Papua Gelar Festival Biak Munara Wampasi dengan Snap Mor

Proyek Timor Marina Square menggabungkan desain arsitektural tanaman hijau subur yang berkelok-kelok di antara lanskap beton.

Hal ini menciptakan suasana taman kota dan semakin meningkatkan kredibilitasnya sebagai proyek bersih dan hijau.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang menakjubkan dan juga melihat pemandangan gunung yang terkenal, Cristo Rei dari Timor Marina Square.

Area ini akan diubah menjadi tujuan gaya hidup yang semarak, tidak hanya menarik wisatawan tetapi juga pelancong bisnis yang menghadiri pertemuan, konferensi, dan seminar.

Baca juga: Virgin Galatic untuk Pertama Kali Angkut Wisatawan ke Luar Angkasa, Ongkos Rp 6,2 Miliar Per Orang

Menara Kantor, lantai bawah merupakan Office Tower terdiri dari 6 unit ruko 3 lantai yang dapat digunakan untuk penggunaan ritel dan komersial dari merek produk internasional.

Selanjutnya akan diikuti oleh 2 tingkat ruang komersial lainnya yang disatukan dengan tempat parkir mobil di residential tower.

Sedang di level 6, merupakan tempat fasilitas umum seperti kolam renang tanpa batas, clubhouse, dan gym dll.

Baca juga: Inilah Daftar Tempat Wisata di Timor Leste, Jangan Anda Lewatkan Saat Melancong ke Bumi Lorosae

Untuk lantai atas Office Tower terdiri dari 7 lantai unit perkantoran, yang dirancang untuk menampung kantor-kantor pemerintah dan perusahaan multinasional (MNC) untuk menempatkan kantor pusat mereka.

Diikuti oleh 5 lantai hotel apartemen dengan layanan mewah yang dilengkapi dengan taman langit yang indah di tingkat atapnya.

Di tempat ini, akan menampung restoran kelas atas dan fasilitas konferensi dengan pemandangan laut yang indah dan menghadap ke pegunungan Cristo Rei di sebelah Timur. **