Sinead OConnor Tutup Usia Belum Diketahui Penyebabnya, Mengubah Nama Menjadi Suhada Sadaqat

Category: Ragam | Posted date: Kamis, 27-Jul-2023 09:54 | Posted by: Ugu



HELOTIMORLESTE.COM - Penyanyi Sinead O'connor peraih Grammy Award 1990, meninggal dunia pada usia 56 tahun belum diketahui penyebab kematiannya.

Ia menjadi mualaf pada tahun 2018, dan mengubah namanya menjadi Suhada' Sadaqat. Sinead O’Connor, 56 tahun, meninggal pada Rabu (26/7). 

Karir Sinead melejit berkat lagu Nothing Compares 2 U pada tahun 1990 dan meraih Grammy untuk kategori ‘Best Alternative Music Performance.’

Sepanjang hidupnya, Sinead terbuka dengan masalah kesehatan mentalnya dan sejak kehilangan anak bungsunya akibat bunuh diri, ia aktif mengadvokasikan isu kesehatan mental.

Baca juga: KPK Lakukan OTT Pejabat di Basarnas, Penangkapan di Warung Soto Surabaya di Bekasi



Sinead masuk Islam tahun 2018 dan mengganti namanya menjadi Shuhada' Sadaqat tapi tetap menggunakan nama panggung Sinead O’Connor.

Ia adalah seorang penyanyi dan penulis lagu asal Irlandia yang mulai terkenal pada akhir 1980-an dengan album debutnya The Lion and the Cobra. I

Pernah mencapai kesuksesan di seluruh dunia pada tahun 1990 lewat lagu "Nothing Compares 2 U" yang diciptakan oleh Prince.

Baca juga: Anggota Densus 88 Ditembak Seniornya, Hotman Paris Datangi Rumah Korban Penembakan di Rusun Polri Bogor

Sejak saat itu, sambil mempertahankan karier bernyanyinya, ia kadang-kadang menimbulkan kontroversi.  Misalnya besar karena pernyataan dan perilakunya  — seperti menahbiskan dirinya sebagai seorang imam-- padahal ia adalah seorang wanita meskipun mempunyai latar belakang Katolik.

Baca juga: Orang-orang Parpol di Tanggamus Kembalikan Uang Rp 3,043 Miliar, Hasil Korupsi Mark Up Perjalanan Dinas

Dia juga aktivis yang mernyuarakan hak perempuan, perang, dan kekerasan terhadap anak. Selain sepuluh album solonya, karyanya mencakup banyak single, lagu untuk film, kolaborasi dengan banyak artis lain, dan penampilan di konser penggalangan dana amal.

Pada tahun 2017, O'Connor mengatakan bahwa ia mengubah nama resminya menjadi Magda Davitt, dan masuk Islam pada tahun 2018, mengubah namanya lagi menjadi Shuhada' Davitt. ***