Alasan Prabowo Subianto Berkantor di IKN Setelah Resmi Dilantik Menjadi Presiden RI

Category: Ekonomi | Posted date: Senin, 12-Aug-2024 12:05 | Posted by: Ugu



Helotimorleste- Presiden terpilih periode 2024—2029, Prabowo Subianto, berjanji untuk melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara selama masa pemerintahannya.

“Saya kira sudah berkali-kali saya sampaikan bahwa saya bertekad untuk melanjutkan kalau bisa menyelesaikan. Pak Jokowi saya kira sudah mengambil peran sejarah beliau yang inisiasi, minimal saya lanjutkan kalau bisa saya ikut yang menyelesaikan,” ujarnya kepada wartawan di kawasan IKN, Senin (12/8/2024).

Prabowo juga mengungkapkan niatnya untuk berkantor di IKN setelah resmi dilantik menjadi Presiden. "Kalau (jadi) ibu kota, ya Presiden ada di Ibu Kota. [IKN] salah satu investor, saya sendiri sebagai pengusaha," kata Prabowo

Baca juga: Pertama Kali HUT RI ke 79 Dilaksanakan Hibrid, Jokowi Prioritaskan Masyarakat Sekitar IKN

Meskipun pembangunan ibu kota bukan pekerjaan yang sebentar dan akan memakan waktu panjang, Prabowo yakin secara garis besar IKN akan mulai berfungsi dalam lima tahun ke depan.

"Walaupun kita sadar pembangunan ibu kota itu bukan pekerjaan yang sebentar, ya pekerjaan yang lama, yang berat, tapi saya percaya dalam 3,4,5 tahun fungsi dari pada ibu kota ini sudah bisa berjalan ya," tegas Prabowo

"Walaupun kita sadar pembangunan ibu kota itu bukan pekerjaan yang sebentar, ya pekerjaan yang lama, yang berat, tapi saya percaya dalam 3, 4, 5 tahun fungsi dari ibu kota ini sudah bisa berjalan," tuturnya.

Baca juga: Harvetnas 2024 DPD LVRI Jawa Timur, Jokowi: Berikan Hak Kesehatan dan Kesejahteraan yang Layak

Prabowo juga melihat banyak manfaat dari kepindahan ibu kota ke IKN, meskipun masih banyak yang harus diselesaikan. "Saya kira kalau kita lihat, optimis ya, dan nanti akan kelihatan betapa manfaat dari pemindahan ini, walaupun nanti tentunya banyak yang masih harus kita kerjakan," ucap Prabowo.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasannya mengajak jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) untuk merasakan langsung kondisi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Jokowi mengatakan bahwa dengan melakukan sidang kabinet perdana di IKN pada hari ini, dia ingin memperlihatkan kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin hingga Presiden terpilih Prabowo Subianto betapa bersihnya udara di Ibu Kota yang terletak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu.***