Anggaran Perayaan HUT RI ke-79 Diungkap oleh Kemenkeu, Ada Kenaikkan Dibanding 2023

Category: Ekonomi | Posted date: Kamis, 15-Aug-2024 14:19 | Posted by: Ugu



Helotimorleste- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 87 miliar untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp 87 miliar untuk kegiatan perayaan 17-an di IKN."kata Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatarwata dalam konferensi pers APBN KiTA di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2024).

Baca juga: 4 Dampak Orang Tua Pindah ke IKN Tehadap Pendidikan Anak

Anggaran ini lebih besar dibandingkan anggaran perayaan sebelumnya di Jakarta, yang hanya sebesar Rp 53 miliar. "Dibandingkan tahun lalu di Jakarta itu Rp 53 miliar," imbuh Isa.

Menurut Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmatarwata, peningkatan anggaran ini disebabkan oleh kebutuhan untuk pengadaan peralatan upacara baru di lokasi baru tersebut,

Baca juga: Alasan Prabowo Subianto Berkantor di IKN Setelah Resmi Dilantik Menjadi Presiden RI

"Kenaikannya memang terutama karena pengadaan alat-lat upacara yang baru di sana, terutama rincian biaya yang besar itu alat-alat upacaranya, penyiapan sarana fisiknya itu yang memang perlu dilakukan di tempat yang baru di sana," ucap Isa.

Selai itu biaya yang lebih tinggi untuk jamuan tamu, mengingat infrastruktur di IKN masih dalam tahap pengembangan. "Jamuan juga cukup besar dibandingkan di Jakarta terutama mungkin karena lokasinya belum tersedia cukup sarana prasarana untuk jamuan ini," tambahnya.

Presiden Joko Widodo juga memberikan pandangannya terkait kenaikan anggaran ini, dengan menyatakan bahwa hal tersebut wajar mengingat adanya transisi dari ibu kota lama ke ibu kota baru.

Selain itu, perayaan HUT RI tahun ini akan dilangsungkan di dua lokasi, yakni Jakarta dan IKN, dengan anggaran yang telah disiapkan oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).***