Timor Leste Merupakan Negara Dengan Populasi Penduduk Muda Terbesar di Asia Tenggara

Category: Internasional | Posted date: Sabtu, 9-Mar-2024 09:39 | Updated date: 2024-03-09 09:42:06 | Posted by: Dodo Hawe



HELOINDONESIA.COM - Baru-baru ini Seasia Stats mengumumkan hasil penelitiannya tentang populasi penduduk muda terbesar di negara-negara Asia Tenggara.

Menurut data yang dikumpulkan dalam unggahan akun instagram @seasia.stats mengungkapkan memiliki pertumbuhan penduduk usia muda terbanyak di Asia Tenggara.

Seperti kita ketahui negara yang berada di bagian wilayah Indonesia tepatnya di Pulau Timor perbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini, memiliki populasi penduduk sekitar 1,3 juta.

Baca juga: Di Luar Jam Kerja PM Timor Leste, Bercelana Pendek Turut Menebang Pohon Bersama Penduduk

Menurut data tahun 2023, negara Timor-Leste memiliki usia penduduk rata-rata berusia 20,9 tahun, yang merupakan peringkat pertama di ASEAN.

Kemudian selanjutnya adalah negara Laos di posisi kedua dengan usia rata-rata penduduk 24,4 tahun, dan Filipina di posisi ketiga dengan usia rata-rata 25.5 tahun.

Sementara itu, Singapura memiliki populasi tertua dengan usia rata-rata 48,2 tahun, diikuti Thailand di posisi kedua dengan usia rata-rata 40,2 tahun.

Baca juga: Starup Cakap Sebut Timor Leste Didominasi Penduduk Muda Membutuhkan Peningkatan Pelatihan Bersertifikasi

Sedangkan Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk terpadat di ASEAN memiliki populasi usia 29.6 tahun.

Statistik ini menggambarkan usia rata-rata populasi di Asia Tenggara pada tahun 2023.

Usia rata-rata membagi populasi menjadi dua kelompok yang sama, menunjukkan bahwa setengah dari populasi lebih muda dan setengah lainnya lebih tua dari usia ini. **