Helo Timor Leste

Starup Cakap Sebut Timor Leste Didominasi Penduduk Muda Membutuhkan Peningkatan Pelatihan Bersertifikasi

Dodo Hawe - Internasional
Kamis, 2 Nov 2023 19:59
    Bagikan  
PAMERAN
antaranews.com

PAMERAN - Salah satu stand pameran starup cakap di Jakarta

HELOTIMORLESTE.COM - Starup teknologi pendidikan (Edtech) asal Indonesia, Cakap menggelar ajang peningkatan kualitas International Skills Week untuk para pemuda di Timor Leste di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

Seperti kita ketahui saat ini penduduk Timor Leste dengan populasi penduduk sekitar 1,3 juta didominasi oleh usia muda.

Sebanyak 65 persen penduduk di Timor-Leste berusia di bawah 30 tahun dan 28,6 persen penduduk tinggal di daerah perkotaan.

Baca juga: Sedihnya Petani di Timor Leste, Banyak Ladang Pengairan Terbengkalai Sejak Pendudukan Indonesia Hingga Sekarang

Head of Learning Labs Cakap, Yoshua Yanottama mengatakan mengapresiasi dilibatkannya starup Cakap dalam acara yang diadakan untuk pertama kalinya itu.

Menurut Yoshua Timor Leste saat ini didominasi penduduk muda yang membutuhkan pelatihan bersertifikasi sesuai industri masing-masing.

"Cakap, dalam hal ini mampu memberikan materi pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan SDM Timor-Leste," ujar Yoshua seperti dilansir kantor berita Antara, Rabu (1/11/2023).

Baca juga: Populasi Anak Muda Timor Leste Usia 15-20 Mencapai 21 Persen Lebih, Namun 36 Ribu Teridentifikasi Buta Huruf

Menurutnya, sumber daya manusia di Timor Leste punya potensi yang besar, apalagi kemampuan adaptasi teknologi yang meningkat dari warganya.

Sehingga, perlu pendampingan serta peningkatan kemampuan para pemuda dapat terus diperkuat.

Ia mengatakan Cakap yang telah mengekspansi Timor Leste sejak setahun terakhir, telah memberikan berbagai peningkatan kemampuan seperti bahasa Inggris, keterampilan digital yang aplikatif, di antaranya desain presentasi dan analisa bisnis.

Baca juga: Populasi Orang Terpendek Dunia Ada di Timor Leste tetapi Bukan Soal Gizi Semata, Simak Penjelasan Imuwan

"Beberapa siswa kami saat ini sudah bisa melakukan pekerjaan baru, seperti data analisis, mengerjakan materi presentasi, yang menunjang di tempat kerja masing-masing," kata dia.

Sementara itu Executive Director National Institute of Workforce Development, Isabel Fernandes de Lima menyebutkan bahwa acara International Skills Week digelar untuk mempersiapkan SDM Timor Leste yang siap di dunia kerja dan bersaing secara global.

Baca juga: Populasi Penduduk Timor Leste Tahun 2022 Menurut Worldometer Berjumlah 1,3 Juta

"Kami sadar betapa upaya upskilling sangat penting, kami persiapkan sedari dini, karena kami ingin juga sejajar dengan bangsa lain. SDM yang terampil akan bermanfaat tidak hanya bagi komunitasnya, namun juga berkontribusi bagi perekonomian negara," ujar Isabel. **