Helo Timor Leste

Di Luar Jam Kerja PM Timor Leste, Bercelana Pendek Turut Menebang Pohon Bersama Penduduk

Dodo Hawe - Nasional
Minggu, 11 Feb 2024 09:55
    Bagikan  
TEBANG POHON
Xanana ba Ema Hotu/facebook

TEBANG POHON - Xanana Gusmao turut mengawasi penebangan pohon sambil membagikan makan kecil kepada anak-anak Timor Leste

HELOTIMORLESTE.COM - Terlepas dari kritikan pedas yang dilontarkan pesaingnya dari Partai Fretilin Timor Leste, namun keseharian Ketua Parta CNRT, Kay Rala Xanana Gusmao yang sekarang menjadi PM Timor Leste ini menjalani hidup seperti biasanya.

Itu terlihat aktivitas keseharian dari orang nomor satu di Permerintahan Timor Leste tidak ada yang protokoler di luar jam kerjanya.

Seperti yang terlihat pada foto-foto yang diunggah di sosial media facebook Xanana ba Ema Totu yang memperlihatkan Xanana turut serta dalam penebangan pohon.

Baca juga: Tentang Pembahasan Wilayah Darat Perbatasan Xanana Gusmao-Jokowi Sepakati Poin-poin ini

Seperti biasanya Xanana selalu menyiapkan makanan kecil yang sering kali dibagikan kepada anak-anak yang mereka temui di jalan atau ditempat dia melakukan aktivitasnya.

Dalam aktivitasnya pada Sabtu (10/2/2024) mantan gerilyawan Timor Leste yang pernah dipenjara di LP Cipinang ini turut mengawasi upaya pemotongan pohon di Likintai-Taibesi, Kota Dili, Timor Leste.

Xanana Gusmão, didampingi Menteri Pekerjaan Umum (MOP) dan Sekretaris Negara Urusan Toponimi dan Organisasi Perkotaan, Germano Santa Brites.

Baca juga: PM Xanana Gusmao Menyebut KasusPerbatasan Darat Natuka Baru Konfirmasi dan Konsolidasi dengan Indonesia

Dia mengawasi tim pemadam kebakaran, Listrik Timor-Leste (EDTL), dan Tim Sanitasi Kota Dili yang melakukan pemangkasan pohon guna menyelamatkan aliran listrik yang melintas di kawasan itu.

Kegiatan ini dilakukan setelah masyarakat sekitar mengusulkan penebangan pohon tersebut kepada Xanana Gusmao.

Pasalnya, kondisi pohon-pohon besar di kawasan ini dapat menimbulkan permasalahan serius pada saat hujan lebat dan angin kencang sehingga dapat membayakan rumah-rumah penduduk di sekitarnya.

Baca juga: Kunjungan PM Xanana di Indonesia Menyepakati Beberapa Poin Penting, Simak Penjelasannya

Xanana pun kemudian menyanggupinya bersama tim MOP Xanana mengeksekusi permintaan penduduk untuk menebang pohon yang diinginkan.

Di sela-sela penebangan pohon Xanana Gusmao yang dikenal sangat humanis dengan masyarakat ini, kemudian membawa bungkusan bersama anak-anak Timor Leste.

Xanana terlihat mengenakan kaos abu-abu dan celana pendek dikerumuni anak-anak yang mengantri mendapatkan hadian makan kecil dari sang Perdana Menter Timor Leste. **