Helo Timor Leste

Hujan Deras Longsor, Tiga Jiwa Sekeluarga Tewas dan Jalur Piket Nol Luamajang-Malang Ditutup

Kamis, 1 Jan 1970 09:00
    Bagikan  
Tiga Orang Sekeluarga Tewas
istimewa

Tiga Orang Sekeluarga Tewas - Hujan deras disertai lonsgor terjadi di kawasan Lumajang Selatan, menyebabkan tiga orang sekeluarga tewas, Jumat 7 Juli 2023.

HELOTIMORLESTE.COM - Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Jumat, 07 Juli 2023, menerima laporan dari  kecamatan Pronojiwo dan kecamatan Candipuro, akibat tanah longsor di wilayah itu menyebabkan tiga orang sekeluarga meninggal dunia.

Hal itu merupakan dampak cuaca ektstrem hujan itensitas tingga yang mengakibatkan longsoran di beberapa titik di wilayah setempat, demikian dikutip dari situs bpbd.lumajangkab.go.id, Jumat, 7 Juli 2023.

Akiubat itu pula saat ini jalur Piket Nol, ditutup untuk kendaraan umum, sehingga lalu lintas dari Bamalgn ke Lumajang, via jalur selatan ditutup sementara.

Baca juga: Sekolah Menengah Internasional K-pop Pertama Dibuka di Singapura

Menerima informasi tersebut BPBD kabupaten Lumajang segera merespon dan menerjunkan personel TRC Siaga untuk melakukan proses assessment awal ;

Bahwa terjadi bencana tanah longsor di beberapa lokasi, sebagai berikut:

  • Dusun Sriti RT 06 RW 03 desa Sumberurip, kecamatan Pronojiwo
  • Jalan Nasional Lumajang- Malang, Piket nol KM 58 Kamarkajang, desa Sumberwuluh  kecamatan Candipuro 

Baca juga: ByteDance Luncurkan Layanan Streaming Musik Baru di Brasil dan Indonesia

Kronologi Kejadian :
a. Pada hari Jumat tanggal 07 juli 2023 sekitar pukul 00.10 WIB, terjadi hujan dengan intensitas sedang - lebat di wilayah kecamatan Pronojiwo dan Candipuro Lumajang

b. Akibat intensitas hujan tersebut dilaporkan terjadi longsoran di beberapa titik yang sedang dilakukan asesmen oleh TRC BPBD Kabupaten Lumajang.

Penyebabnya adalah hujan intensitas sedang - deras sehingga mengikis tanah yang mudah longsor, sehingga menimbulkan kerugian korban jiwa: 

Baca juga: Kesehatan Emha Ainun Nadjib Mulai Membaik, Sudah Bisa Diajak Berkomunikasi


Dusun Sriti RT 06 RW 03 Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo Lumajang

  • 1. Galih adi perkasa usia 23 thn ( suami ).
    2. Candra agustina usia 20 thn ( istri ).
    3. Galang naendra putra usia 4 bln ( balita ).

Tebing Piketnol KM 58 Kamarkajang desa Sumberwuluh kecamatan Candipuro Lumajang, setinggi 3 meter longsor menutup akses dilokasi.

Baca juga: Jokowi Mendapat Pertanyaan Mengejutkan dari Kesia Murid SD di Papua

Kerusakan bangunan rumah milik korban tertimbun longsoran di Dusun Sriti RT 06 RW 03 Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo Lumajang.

Saat ini BPBD menerjunkan du regu menuju lokasi kejadian beserta 1 unit alat berat Loader. Jalur Lumajang-Malang via selatan atau Piketnol ditutup sementara.

Hingga di infokan kembali tiga korban tertimbun longsor di Dusun Sriti RT 06 RW 03 Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo Lumajang berhasil di evakuasi dalam kondisi meninggal dunia. ***