Helo Timor Leste

Paus Fransiskus Menyapa Prabowo dan Kagumi Semboyan Indonesia, Bhineka Tunggal Ika

Rabu, 4 Sep 2024 17:55
    Bagikan  
Paus Fransiskus
Instagram Prabowo

Paus Fransiskus - Paus Fransiskus menyapa Prabowo Subianto

HeloTimorLeste- Dalam kunjungan kenegaraan di Istana Merdeka, Jakarta, pemimpin Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus, memberikan salam kepada Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Paus menyampaikan salam ini ketika mulai memberikan pidato kenegaraannya. Selain menyapa Prabowo, Paus juga memberikan salam kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Saya mengucapkan salam hangat kepada Presiden terpilih. Semoga masa tugas pelayanan Anda membawa buah yang baik bagi Indonesia," ucap Paus Fransiskus di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (4/9).

Baca juga: Dezigualdade Global: Krítika Xanana Gusmao ba Justisa no Mudansa

Dalam kesempatan yang sama, Paus Fransiskus juga menyampaikan beberapa pesan tentang perdamaian untuk Indonesia. Beliau memuji upaya perdamaian yang berhasil dicapai dalam keragaman masyarakat Indonesia yang kaya akan budaya, bahasa, dan agama.

Paus Fransiskus kemudian merujuk pada amanat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang menekankan pentingnya perdamaian. Menurut Paus, kalimat-kalimat dalam pembukaan konstitusi Indonesia tersebut memberikan landasan yang kuat untuk pembangunan negara yang harmonis dan damai.

Baca juga: Gali Freitas No Parseiru Sira Sei Empresta Estádiu Wayan Dipta Bali Nian, Ba Kualifikasaun Ba Tasa Ázia 2027

"Semboyan negara Indonesia, 'Bhinneka Tunggal Ika,' menunjukkan bahwa keragaman hayati dan budaya yang ada di negara kepulauan ini adalah sumber kekayaan dan keindahan," ujar Paus.

Paus Fransiskus berharap Indonesia terus tumbuh dan berkembang dengan mengedepankan keragaman tersebut. Ia juga mendoakan agar Tuhan selalu memberkati bangsa Indonesia dalam perjalanan menuju masa depan yang lebih baik.***