Helo Timor Leste

Dalam Pidato Pope Francis Serukan Hentikan Pelecehan Seksual di Timor Leste

Ugu - Nasional
Selasa, 10 Sep 2024 11:59
    Bagikan  
Pope Francis
Istimewa

Pope Francis - Hentikan pelecehan

HELOINDONESIA.COM -HeloTimorLeste- Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus, menyerukan tindakan untuk mengatasi pelecehan terhadap anak di bawah umur di Timor Leste.

"Janganlah kita lupakan banyak anak-anak dan remaja yang martabatnya telah dilanggar. Fenomena ini terjadi di seluruh dunia," kata Paus mengawali kunjungannya di Dili, Timor Leste, Senin (9/9).

"Kita semua dipanggil untuk melakukan segala cara yang mungkin, untuk mencegah segala bentuk pelecehan dan menjamin masa anak-anak yang sehat dan damai, bagi semua kaum muda," imbuhnya, dikutip AFP

Baca juga: Pope Francis Diminta Bahas Isu Pelecehan Uskup Carlos Belo

Salah satu kasus terbaru di Timor Leste melibatkan seorang uskup pemenang Nobel, Carlos Ximenes Belo, yang secara diam-diam dijatuhi sanksi oleh Vatikan atas tuduhan pelecehan seksual terhadap anak-anak selama puluhan tahun.

Pada 2021 lalu, seorang pendeta Richard Daschbach dinyatakan bersalah atas tuduhan melakukan kekerasan terhadap remaja perempuan yatim piatu dan kurang beruntung. Daschach dijatuhi hukuman 12 tahun penjara.

Richard Daschbach, 84, dituduh melakukan pelecehan seksual kepada setidaknya 15 wanita ketika mereka masih anak-anak di penampungannya di daerah kantong Oecusse, Timor Leste.