Helo Timor Leste

Uang Silvia Yap Rp 1,4 Miliar Hilang dari Rekening BRI, setelah Membuka APL di Whattapps

Minggu, 9 Jul 2023 15:42
    Bagikan  
Buka APL Undangan Penikahan Uang Rp 1,4 Milia Lenyap
seru.co,id/ istimewa

Buka APL Undangan Penikahan Uang Rp 1,4 Milia Lenyap - Pengacara Hilmy F Ali mendampingi kleinnya Silvia YAP menjelaskan perkara yang dihadapi kleinnya, setelah membukan udangan lewat APL, uang Rp 1,4 miliar di bank BRI lenyap.

HELOTIMORLESTE.COM -  Lagi-lagi kasus penipuan melalui Apl (aplikasi) kembali menelan korban. Kali ini menimpa Silvia YAP, pengusaha aksesoris kendaraan asal kecamatan Lawang, kabupaten Malang, Jawa Timur, mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jatim, Rabu 5 Juli 2023

Perempuan berusia 52 tahun itu didampingi Hilmy F Ali selaku pengacaranya,  membawa sejumlah berkas ke polda Jatim, untuk diajukan sebagai barang bukti dugaan kasus akses ilegal yang dilakukan bank pelat merah di Lawang.

Kuasa hukum Silvia YAP, Hilmy F Ali mengatakan, kronologi bermula saat kliennya mendapatkan undangan pernikahan online melalui Whatsapp. Tanpa ada rasa kecurigaan dirinya mengklik tautan tersebut, lantaran sebelumnya dirinya menerima kabar koleganya akan menikah.

Baca juga: Setelah Empat Hari, Tim SAR Temukan Jasad Mahasiswa Itera yang KKN di Pesisir Barat Lampung



Hilmy menjelaskan bahwa uang milik kelinnya sebesar Rp 1,4 miliar di rekening kliennya raib dalam jangka waktu semalam, demikian kutip dari situs seru.co.id.

“Akhir Mei 2023, klien kami menerima undangan pernikahan digital. Undangan tersebut diklik, terus di handphonenya muncul enam kode aplikasi mobile banking, tapi yang kebobol hanya BRI. Kasus ini sudah kami laporkan ke polda Jawa Timur soal ilegal akses dan TPPU,” seru Hilmi, kepada awak media, Jumat 7 Juli 2023.

Hilmy menjelaskan bahwa uang milik kelinnya sebesar Rp 1,4 miliar di rekening kliennya raib dalam jangka waktu semalam.

Baca juga: Massa Gembira Berebut Uang Rp 35 Juta Disebar dari Atap Rumah, Inilah Tradisi Udik-udikan di Pekalongan



"Uang klien kami sebesar Rp 1,4 miliar ludes. Sisa hanya sekitar Rp 2 juta," kata Hilmy kepada wartawan, Rabu, 5 Juli 2023.

Namun anehnya, dari waktu tersebut tidak ada konfirmasi terlebih dahulu dari pihak bank kepada Silvia, jika ada proses pemindahan dana. Nahasnya, tabunggan yang dimiliki Silvia, sebanyak Rp1,4 miliar ludes seketika dalam semalam dan hanya tersisa Rp 2 juta saja.

Baca juga: Sudah 11 Hari Tiga Jamaah Haji Indonesia Hilang di Tanah Suci, Ini Daftar Nama dan Kloternya



Hasil dari penelusuran, ada belasan transaksi yang memindah uang kliennya ke sejumlah rekening. Sebagian transaksi berbentuk top up pulsa sebesar Rp 40 juta.

Awal mula kejadian pada Akhir Mei 2023, kliennya menerima aplikasi undangan pernikahan dari nomor tak dikenal.

Setelah diklik, di ponsel kliennya muncul banyak aplikasi perbankan, salah satunya aplikasi dari bank pelat merah tersebut. ***