Helo Timor Leste

Dihantam Obak Kapal Nelayan KM Mekar Sari Satri Yaya 2 Tenggelam, 15 ABK Selamat

Rabu, 2 Aug 2023 02:34
    Bagikan  
KM MEKAR SARI TERBALIK DIHANTAM OMBAK-
@soe_newsofficial

KM MEKAR SARI TERBALIK DIHANTAM OMBAK- - Kapal berpenumpang 15 orang itu terbalik di perairan Pulau Lalang, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (1/8/2023). Kapal tersebut mengangkut perlengkapan nelayan seberat 1.5 ton. Kapal KM Mekar Sari Jaya bertolak dari Tanjung B

HELOTIMORLESTE.COM - Sebuah kapal nelayan KM Mekar Sari Jaya 2  dihantam ombak dan gelombang terbalik dan tenggelam. di perairan pulau Lalang, kabupaten Lingga, provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Jumat 28 Juli 2023.

Kapal itu tenggelam setelah dihantam ombak besar dan cuaca buruk yang melanda di perairan tersebut. sebanyak 15 orang anak buah kapal (ABK) yang berada di kapal dikabarkan selamat dari peristiwa tersebut setelah mendapatkan pertolongan dari nelayan sekitar.

Kapal tersebut berlayar dari Tanjung Balai Karimun dan hendak melaut untuk mencari ikan di perairan kepulauan Riau.

Saat dikonfirmasi, kapolres Lingga, AKBP Fadli Agus. Selasa 1 Agustus 2023, mengatakan, peristiwa tenggelamnya kapal nelayan terjadi pagi sekitar pukul 06.00 WIB. seperti diunggah akun instagram @soe_newsoffice.

Baca juga: Pulang Mediasi dengan Pendeta, Lady Nayoan- Rendi Kjaernett Alami Kecelakaan di Tol Jati Bening

Lokasinya di perairan Tanjung Buku, Kabupaten Lingga, pada koordinat pada titik koordinat 00`40.620'S-104`36.004'E.

“Berdasarkan dokumen yang diterima, ada 15 orang ABK dan sudah diselamatkan oleh kapal nelayan,” katanya kepada Batamnews, Selasa (1/8/2023) siang.

Fadli menjelaskan kapal nelayan KMN Mekar Sari Jaya 2 itu berawakan 15 orang. Para ABK kapal itu diselamatkan oleh kapal nelayan lain yang melintas di dekat lokasi kejadian.

"Penyebab kecelakaan akibat cuaca buruk dan ombak laut. Sebanyak 15 ABK termasuk kapten kapal yang menjadi korban sudah berhasil di evakuasi dalam kondisi selamat oleh kapal KM AB 8 Jaya sekira pukul 10.30 WIB," ujarnya.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Klasemen dan Tim Lolos 16 Besar

Para awak kapal yang telah dievakuasi saat ini tengah dalam perjalanan menuju Kabupaten Karimun. Mereka dibawa oleh Kapal KM AB 8 Jaya.

"Jadi kapal KMN Mekar Sari Jaya 2 ini kapal nelayan asal Kabupaten Karimun yang hendak melaut. Jadi kapal itu membawa para ABK ke Karimun," ujarnya.

Dihantam gelombang dan angin kencang, kapal KM Mekar Sari Jaya terbalik saat bertolak dari Tanjung Balai Karimun pukul 16.30 WIB, Jumat 28 Juli 2023. Sebanyak 15 penumpang berhasil diselamatkan.

Baca juga: Lima Cewek Group LOONA Resmi Mengubah Nama Menjadi LOOSEMBLE, Ternyata Begini Kisahnya

Kapal berpenumpang 15 orang itu terbalik di perairan Pulau Lalang, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa 1 Agustus 2023.

Kapal tersebut mengangkut perlengkapan nelayan seberat 1.5 ton. Kapal KM Mekar Sari Jaya tersebut bertolak dari Tanjung Balai Karimun pukul 16.30 WIB, Jumat  28 Juli 2023.

Namun, saat berlayar di perairan Pulau Lalang, Lingga, akibat gelombang tinggi dan angin kencang menghantam kapal hingga terbalik. Peristiwa tersebut membuat 15 orang dalam kapal jatuh ke laut. ***