Helo Timor Leste

Fitur Wajah Bisa Menunjukkan Apakah Anda Terlihat Kaya atau Miskin

Satwika Rumeksa - Ragam
Selasa, 30 Jan 2024 22:05
    Bagikan  
Kaya atau Miskin
Istimewa

Kaya atau Miskin - Wajah gelap dipersepsi miskin

HELOINDONESIA.COM - Memiliki wajah yang sempit, berfitur panjang, dan ramah bisa membuat orang mengira kamu kaya, sebuah studi menyarankan.

Bentuk wajah dapat memengaruhi persepsi orang lain tentang latar belakang dan kekayaan Anda, para peneliti dari University of Glasgow menemukan.

Wajah yang lebih lebar dengan fitur yang lebih datar, mulut yang terbalik dan "kulit yang lebih gelap" dianggap tidak kompeten, kurang dapat dipercaya, dan lebih miskin.

Dr. Thora Bjornsdottir, sekarang di University of Stirling, mengatakan: "Dalam penelitian kami, kami memberikan wawasan baru tentang apa yang membuat seseorang terlihat kaya atau miskin dan menunjukkan bagaimana penilaian ini berhubungan dengan stereotip positif dan negatif, seperti kompetensi versus ketidakmampuan.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa stereotip kelas sosial menjelaskan hubungan antara penampilan wajah dan penilaian status kelas sosial individu.

" Ini menyoroti bahwa stereotip yang kita pegang berdampak pada bagaimana kita mempersepsikan orang lain - mereka mempengaruhi persepsi kita.

Baca juga: Piala Asia 2024: Al Hayam Yakin Kalahkan Jepang, Samurai Biru Siap Hadapi Bahrain

Kesan kita terhadap orang lain bisa menimbulkan keuntungan atau kerugian tertentu bagi mereka.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang bisa menebak apakah seseorang kaya hanya dari melihat wajahnya.

Studi terbaru, yang diterbitkan di Jurnal Psikologi Eksperimental: Umum APA, melihat pada sifat-sifat apa yang dilihat orang ketika memutuskan apakah orang tersebut kaya atau miskin dari penampilan mereka.

Mereka meminta 15 pria dan 15 wanita dengan rata-rata usia 22 tahun untuk membuat penilaian cepat tentang kemungkinan kekayaan atau sifat-sifat seseorang berdasarkan gambar 3D yang mereka lihat.

Peserta menilai di mana mereka pikir orang jatuh pada skala tujuh poin dari yang paling miskin hingga yang paling kaya.

Wajah yang dianggap kaya juga dianggap lebih dapat dipercaya, hangat, dan kompeten.

Mereka memiliki fitur wajah yang tajam, kening yang diangkat, mulut yang senyum, mata yang rapat, dan pipi yang merah muda - yang disebut sebagai "wajah kaya yang istirahat" oleh beberapa orang.

Sebaliknya, wajah yang disebut "lebih miskin" memiliki kening yang diturunkan, dagu yang lebih pendek, mulut yang merunduk, dan warna kulit yang lebih gelap dan lebih dingin.

Profesor Rachael Jack, dari University of Glasgow, mengatakan: "Penelitian kami menunjukkan bagaimana atribut wajah tertentu memainkan peran penting dalam menghubungkan persepsi kelas sosial dengan stereotip terkait.

"Temuan ini tidak hanya berharga untuk memajukan pemahaman kita tentang teori persepsi sosial yang sentral, tetapi juga dapat membantu dalam intervensi masa depan yang dirancang untuk menghentikan persepsi yang bias."

Baca juga: Piala Asia 2024: Uzbekistan Maju ke Delapan Besar Setelah Singkirkan Thailand 2-1

Kesan kaya atau miskin

Fitur yang terkait dengan terlihat kaya termasuk:

-fitur yang tajam
-alis terangkat
-senyum
-mata yang rapat
-pipi merah muda

Fitur yang terkait dengan terlihat miskin termasuk:

-alis yang terkulai
-dagu yang lebih pendek
- mulut yang terbalik
- warna kulit yang lebih gelap