Helo Timor Leste

Pria Paling Tinggi di Dunia dan Wanita Terkecil Bertemu Kembali Sejak 2018

Satwika Rumeksa - Lain-lain
Selasa, 20 Feb 2024 21:14
    Bagikan  
Manusia Tertinggi dan Wanita Terkecil
Mehmet Veysi Bora/Getty

Manusia Tertinggi dan Wanita Terkecil - Perbedaan mereka amat mencolok

HELOTIMORLESTE.COM - Ada lebih dari enam kaki di antara mereka, tapi pria tertinggi di dunia dan wanita terpendeknya menemukan titik temu saat mereka bertemu minggu ini. Sultan Kosen, yang tingginya 8 kaki 3 inci (251cm), menjulang di atas pemegang rekor dunia Guinness lainnya, Jyoti Amge, yang tingginya sedikit di atas 2 kaki (62,8cm) saat mereka bertemu di California pada hari Senin.

Duduk bersila bersama di lantai, perbedaan tinggi badan mereka sungguh mencolok. Salah satu kaki Mr. Kosen sepanjang 14,3 inci (36,5cm), lebih dari setengah tinggi Ms. Amge.

Pasangan itu bertemu di Kairo sebelumnya pada tahun 2018, di mana mereka mengunjungi Piramida Giza bersama-sama.

Pak Kosen, dari Turki, resmi menjadi pria hidup tertinggi di dunia pada tahun 2009 ketika diketahui bahwa ia lebih tinggi lebih dari 10cm dari Bao Xishun, yang memegang rekor saat itu.

Dia juga memegang rekor untuk tangan terbesar pada orang yang masih hidup, setiap tangan ukurannya 11,22 inci (28,5 cm) dari pergelangan tangan hingga ujung jari tengah.

Baca juga: Mayor Teddy Kini Dirujak Netizen karena Dorong Dokter Militer yang Lebih Tinggi Pangkatnya

Pak Kosen, 41 tahun, tumbuh secara normal sampai dia berusia sepuluh tahun, tetapi tumor menyebabkannya mengalami kondisi medis yang disebut gigantisme pituitari.

Seukuran Sepatu

Pemegang rekor ini, yang memiliki 241.000 pengikut di Instagram, membutuhkan pakaian yang dibuat khusus dan tidur di tempat tidur yang panjangnya tiga meter.

Aktris India, Nyonya Amge, 30 tahun, lebih pendek dari rata-rata anak berusia dua tahun dan memiliki berat 11 pon (5kg) ketika dia berusia 18 tahun.

Ukuran kecilnya disebabkan oleh bentuk kerdilisme yang disebut achondroplasia, yang berarti dia tidak akan pernah tumbuh melebihi tinggi tertentu.

Ketika Nyonya Amge berusia 15 tahun, dia dianugerahi gelar rekor sebagai remaja perempuan hidup terpendek.

Baca juga: Fakta Kecurangan Pemilu 2024 Indonesia Disebut Lebih Parah dari Pemilu Sebelumnya, Simak Faktanya

Tiga tahun kemudian, dia menjadi perempuan hidup terpendek di dunia, gelar yang telah dia pegang sejak saat itu.

Nyonya Amge, yang memiliki 1,4 juta pengikut di Instagram, mencapai mimpinya menjadi aktris terpendek di dunia setelah dia muncul di serial TV Amerika Serikat American Horror Story.**