Helo Timor Leste

Piala Dunia Wanita 2023: Prancis Frurtrasi Ditahan Jamaika 0-0

Satwika Rumeksa - Olahraga
Minggu, 23 Jul 2023 21:55
    Bagikan  
Imbang
Getty

Imbang - Prancis ditahan imbang Jamaika 0-0

HELOTIMORLESTE.COM - Prancis mengalami awal yang mengecewakan untuk kampanye Piala Dunia Wanita FIFA mereka karena mereka ditahan imbang tanpa gol oleh Jamaika.

Sisi Herve Renard tidak bisa menghancurkan Jamaika yang disiplin, striker bintang Khadija Shaw dikeluarkan dari lapangan pada menit akhir.

Reggae Girlz bertahan untuk poin Piala Dunia Wanita pertama mereka di tengah hujan lebat Stadion Sepak Bola Sydney.

Prancis sekarang harus berkumpul kembali untuk pertemuan mereka dengan sesama favorit Grup F Brasil pada 29 Juli.

Prancis nyaris mencetak gol di babak pertama ketika Kadidiatou Diani melakukan tendangan dekat tiang yang digagalkan oleh Becky Spencer sebelum upaya yang dibelokkan melewati tiang gawang.

Dua kali sundulan Diani melebar tipis sebelum membentur mistar gawang dan tiang di akhir babak kedua, tetapi Jamaika digempur oleh penduduk setempat dan netral sebagai negara kecil terbaru yang tampil mengesankan di final ini.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Belanda Menang Tipis Atas Debutan Portugal 1-0

Optimisme Prancis meredam hujan Sydney

Setelah tumbang di perempat final dalam tiga Piala Dunia terakhir, ini dianggap sebagai turnamen bagi Prancis untuk melangkah lebih jauh.

Setelah kepemimpinan Corinne Diacre yang menggelora - berakhir pada bulan Maret ketika Wendie Renard dan beberapa rekan satu timnya mengancam untuk tidak bermain di Piala Dunia sama sekali - perasaan yang baik telah kembali di kamp Prancis di bawah manajer baru Herve Renard.

Herve Renard, yang mendalangi kemenangan luar biasa Arab Saudi atas Argentina di Piala Dunia putra, telah menggunakan formasi menyerang 4-3-3 untuk mengeluarkan yang terbaik dari skuadnya yang sangat berbakat.

Tapi mereka ditumpulkan di Sydney oleh pertahanan Jamaika yang menekan dengan keras dan baik, tidak pernah memberi Diani atau Eugenie le Sommer cukup waktu atau ruang untuk melakukan sihir mereka.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Jepang Hancurkan Zambia 5-0

Bintang yang sedang naik daun Selma Bacha - pemenang empat gelar Liga Champions bersama Lyon pada usia 22 tahun dan sangat mengesankan di Euro 2022 - melewatkan pertandingan ini karena cedera tetapi harus kembali untuk pertemuan kunci dengan Brasil. Prancis tidak bisa segera mendapatkannya kembali.

Dalam serangan, Jamaika memiliki satu taktik - serang striker utama Shaw secepat mungkin. Mengingat talenta "Bunny", yang mencetak 31 gol dalam 30 pertandingan musim lalu untuk Manchester City, pendekatan mereka tidak mengejutkan.

Kehadirannya saja sudah cukup untuk menghentikan Prancis melempar terlalu banyak ke depan, dan tendangan bebas sepanjang 35 yard yang ditembakkan beberapa inci di babak pertama menunjukkan keahliannya.

Tapi dia juga mendapat kartu kuning karena melakukan tekel telat terhadap Sakina Karchaoui di babak pertama, sebelum tekel canggung pada Wendie Renard di detik-detik terakhir membuatnya dikeluarkan dari lapangan.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Inggris Menang Tipis atas Haiti 1-0

Setelah tampil lebih baik dari debut Piala Dunia mereka pada 2019 - di mana mereka kalah dalam ketiga pertandingan - Jamaika tahu bahwa kemenangan atas Panama di pertandingan berikutnya akan memberi mereka harapan sejati untuk lolos ke babak 16 besar.

Tapi kehilangan kapten mereka, pencetak gol terbanyak dan jimat adalah pukulan berat untuk diambil.**