Helo Timor Leste

Piala Dunia Wanita 2023: Brasil Takluk dari Prancis 1-2

Satwika Rumeksa - Olahraga
Sabtu, 29 Jul 2023 22:35
    Bagikan  
Debinha
Istimewa

Debinha - Gol Debinha samakan kedudukan di babak kedua, meski akhirnya Brasil kalah

HELOTIMORLESTE.COM - Kapten Wendie Renard mencetak gol penentu kemenangan saat Prancis mengalahkan Brasil dalam pertandingan mendebarkan di Brisbane pada Piala Dunia Wanita FIFA 2023.

Eugenie le Sommer membuat Prancis unggul setelah 17 menit, sebelum Debinha menyamakan kedudukan Brasil di babak kedua.

Tapi Renard - yang diragukan karena cedera - menyundul gol penentu dengan tujuh menit tersisa.

Ada aksi ujung ke ujung karena dua favorit pra-turnamen menampilkan permainan yang memenuhi harapan.

Brasil akan lolos ke babak 16 besar dengan kemenangan tetapi harus menunggu sampai hari pertandingan terakhir untuk mencoba mendapat tempat.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Swedia Hancurkan Ita;ia 5-0, Lolos 16 Besar

Sisi Pia Sundhage bertemu Jamaika di pertandingan grup terakhir mereka, sementara Prancis menghadapi Panama. Kedua pertandingan akan dimainkan pada 2 Agustus, dimulai pukul 11.00 BST.

Kapten Renard menginspirasi pasukannya

Menyusul hasil imbang yang mengecewakan dalam pertandingan pembukaan mereka melawan Jamaika dan masalah kebugaran untuk pemain kunci - khususnya Renard, yang mulai mengalami masalah betis - ini adalah pertandingan yang menentukan atau menghancurkan bagi Prancis.

Taruhannya semakin meningkat dengan atmosfir hingar bingar di Brisbane, di mana mayoritas penggemar berada di kaus kuning Brasil. Saat lagu Brasil dinyanyikan, Anda bisa saja memejamkan mata dan membayangkan sedang berada di Maracana.

Tapi Prancis menjawab tantangan itu, ketika dua pemimpin lapangan mereka - Renard, dan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Le Sommer - mengambil alih.

Gol pertama mereka sangat bagus. Sakina Karchaoui memulai pergerakan dengan umpan silang kaki kiri dari dalam, Kadidiatou Diani mempertahankannya dan Le Sommer ada di sana dengan sundulan yang sempurna untuk mengarahkan bola melewati kiper Brasil Leticia.

Itu adalah golnya yang ke-90 dalam 181 caps, dan menenangkan kekhawatiran tentang serangan Prancis setelah penampilan tumpul melawan Jamaika. Kembalinya Selma Bacha setelah cedera merupakan dorongan tambahan.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: 10 Pemain China Tenggelamkan Haiti 1-0

Yang lebih menarik adalah perayaannya. Kiper Pauline Peyraud-Magnin berlari ke bangku cadangan dan melompat ke kerumunan sekitar 10 pemain pengganti yang merayakan. Manajer Renard juga bergabung, tos semua orang.

Kemudian, tampaknya mereka harus puas dengan satu poin, Renard tiba di tiang jauh tanpa tanda untuk menyundul bola ke sudut dalam Bacha.

Brasil tumpul tapi masih menjanjikan

Dalam penghancuran pembukaan mereka di Panama, Brasil tampak seperti unit penyerang paling kohesif di seluruh turnamen. Mereka tidak diizinkan menjadi seperti itu oleh Prancis.

Lini tengah menjadi medan perang, banyak sekali tantangan berat. Luana dari Brasil dan Sandie Toletti dari Prancis sangat agresif, keduanya mendapat kartu kuning di babak pertama karena tekel yang agresif.

Akibatnya, pemain depan Brasil yang cepat dan terampil sering kekurangan servis. Tapi mereka bertahan dan mendapatkan sedikit keberuntungan untuk menyamakan kedudukan di menit ke-58.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Pemain Argentina Bertato Ronaldo Selamatkan Argentina dari Kekalahan atas Afrika Selatan

Umpan Kerolin mengambil defleksi untuk jatuh dengan sempurna ke Debinha, dan pemain nomor sembilan Brasil itu dengan tenang menyelesaikan melewati Peyraud-Magnin.

Pada akhirnya meskipun mereka dikalahkan oleh Prancis, dan bahkan pengenalan Marta yang ikonik untuk penampilannya yang ke-22 di Piala Dunia tidak dapat menginspirasi penyeimbang lainnya.

Seperti Prancis, Brasil masih harus maju ke babak knock-out dan menjaga impian mereka tetap hidup - dan penampilan ini menunjukkan bahwa mereka memiliki baja dalam permainan mereka, serta sutra terampil mereka.**