Helo Timor Leste

Gadis 9 Tahun yang Sangat Terampil Memukau Penonton di World Shaolin Kung Fu Games

Satwika Rumeksa - Olahraga
Senin, 12 Aug 2024 20:23
    Bagikan  
Zhang Sixuan
Istimewa

Zhang Sixuan - Kelenturan tubuh Zhang mengagumkan

HELOTIMORLESTE.COM - Zhang Sixuan, seorang gadis berusia 9 tahun dari provinsi Henan, Tiongkok, mengalahkan beberapa master kung fu paling elit di dunia untuk mendapatkan gelar " Bintang Kung Fu Shaolin " di World Shaolin Games tahun ini.

Ada jutaan praktisi Kung fu Shaolin di seluruh dunia, dan setiap tahun puluhan ribu dari mereka bersaing untuk mendapatkan kesempatan diundang untuk berpartisipasi dalam Final World Shaolin Games. Tahun ini, 124 praktisi kung fu internasional diundang untuk memamerkan keterampilan mereka di sebuah kuil Shaolin di Provinsi Henan, Tiongkok bagian tengah, di hadapan para master kung fu yang disegani dan penonton yang merupakan penggemar kung fu.

Di antara mereka ada seorang gadis berusia 9 tahun yang memiliki fleksibilitas dan penguasaan luar biasa dalam tong zi gong (salah satu bentuk kung fu Shaolin) yang membuat para juri dan penonton tercengang, sehingga ia memperoleh gelar Bintang Kung Fu Shaolin yang didambakan.

Baca juga: Superstar Kungfu Donnie Yen Menikah di Usia 60 Tahun dengan Perayaan Mewah

Latihan Keras

Mengingat dari 124 praktisi kung fu Shaolin yang lolos ke World Shaolin Games di Henan tahun ini, hanya 10 yang mengklaim gelar Bintang Kung Fu Shaolin, prestasi Zhang Sixuan yang berusia 9 tahun sungguh luar biasa. Namun, saat menyaksikannya melakukan gerakan tong zi gong yang luar biasa, mudah untuk melihat bahwa ia memperoleh kehormatan itu melalui kerja keras selama bertahun-tahun.

Pelatih Zhang di Sekolah Bela Diri Jingzhong di Kabupaten Tangyin, Provinsi Henan, mengatakan kepada The Paper bahwa gadis muda itu telah belajar kung fu selama 4 tahun dan akan terus meningkatkan kemampuannya. Ia memuji etos kerja gadis berusia 9 tahun itu, dan mengklaim bahwa ia tidak pernah mengeluh karena harus berlatih hingga larut malam.

“Sixuan sangat kuat dan tidak pernah menangis selama latihan,” kata Zhao Zhenwu. “Bahkan jika dia harus berlatih hingga pukul 11 ​​malam untuk sebuah kompetisi, dia tidak akan pernah mengeluh karena kelelahan atau latihannya terlalu keras. Dia sangat menyukai seni bela diri dan sering tinggal di sekolah untuk berlatih selama liburan.”

Zhang Sixuan menjalani audisi selama beberapa bulan untuk lolos ke World Shaolin Games 2024 dan berkompetisi melawan 124 “Intercontinental Shaolin Kung Fu Stars” dari 47 negara dan wilayah untuk mengklaim gelar World Shaolin Kung Fu Star.