Helo Timor Leste

Pengguna TikTok Sarankan Makan Marshmallow Redakan Batuk, Begini Tanggapan Dokter

Satwika Rumeksa - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 2 Feb 2024 20:19
    Bagikan  
Marsmallow
Pexels.com

Marsmallow - Permen kenyal alias marshmallow malah menambah parah gejala batuk

HELOINDONESIA.COM - Jika Anda juga memiliki kesulitan tidur di malam hari karena batuk yang mengganggu, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk makan marshmallow (permen kenyal/permen gel).

Setidaknya itulah yang diklaim oleh pengguna TikTok bahwa dokternya merekomendasikan. Tapi tahan dulu sebelum Anda berlari ke supermarket.

Tren baru yang sedang melanda TikTok mengklaim bahwa makan marshmallow sebelum tidur membantu mengurangi gejala batuk. Karena ini adalah gejala yang tetap ada bahkan beberapa hari dan minggu setelah sakit, beberapa orang bersedia mencoba apa pun untuk menghentikan batuk.

Pengguna TikTok bernama Lindsey mengatakan bahwa dia sangat frustasi dengan batuknya sehingga dia pergi ke dokter dan dia menyarankannya untuk makan marshmallow sebelum tidur.

Dalam video yang dibagikan di TikTok, Lindsey menjelaskan bahwa dia telah menderita batuk yang tidak hilang selama enam minggu. Dia menjelaskan bahwa dia disarankan: "'Makan marshmallow jumbo sebelum tidur'. Terdengar gila. Tidak ada ilmu di baliknya. Tapi begitulah.

Jadi apakah makan marshmallow bisa meredakan batuk? Mirror berbicara dengan Dr. Deborah Lee dari doctorfox untuk mencari tahu.

Baca juga: Kasus Perbatasan Naktuka Timor-Leste dan Indonesia, 76 Patok yang Didirikan Belanda dan Portugal Telah Hilang

Jadi apakah makan marshmallow bisa meredakan batuk?
Seberapa pun kita ingin berteriak kepada Anda "Ya!!!" dan mengirim Anda untuk mengonsumsi paket-paket marshmallow sebelum tidur, sayangnya jawabannya adalah itu tidak akan membantu batuk Anda. Menurut Dr. Deborah Lee, itu sebenarnya hanya bisa membuat gejala Anda semakin parah.

Permen Gel

@linzyloo18 Makanlah lebih banyak Marshmallow #perintahdokter #marshmallow #obatrumahan #infeksisaluranpernapasanatas #batuk #bronkitis #perawatangaruk #sakit #penyakit #rujukankeunitdarurat #sakit6minggu #fyp #viral ♬ suara asli - Lindsay

Namun, dia menjelaskan, ada "sangat sedikit penelitian tentang manfaat kesehatan dari gelatin." Dr. Lee menambahkan: "Kolagen mungkin memiliki beberapa efek anti-inflamasi, tetapi ini belum pernah terbukti."

Sebenarnya, Dr. Lee memperingatkan bahwa makan marshmallow sebelum tidur dapat membuat gejala menjadi lebih buruk. Dia menjelaskan: "Gelatin sebenarnya digunakan di laboratorium mikrobiologi karena merupakan bagian dari lempeng agar, untuk menumbuhkan bakteri di laboratorium, karena merupakan media budaya yang baik.

Jika Anda makan marshmallow saat Anda batuk parah, itu dapat memberikan lingkungan ideal bagi bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak - dan hanya membuat segalanya menjadi lebih buruk!

Selain itu, gelatin dapat menyebabkan efek samping lain yang tidak diinginkan, seperti kembung, sakit maag, dan kentut. Dr. Lee menambahkan: "Karena gelatin terbuat dari merebus tulang hewan, ada risiko penularan infeksi serius seperti ensefalitis (BSE), juga dikenal sebagai penyakit sapi gila."

Baca juga: 5 Resep Minuman Daun Kopi yang Enak dan Menyehatkan

Itu belum cukup, satu porsi marshmallow seberat 28g mengandung sekitar 90 kalori, dan karena itu merupakan makanan glikemik tinggi, itu artinya melepaskan energi dengan cepat, yang menyebabkan lonjakan gula darah—tidak ideal sebelum tidur.

Karena tinggi gula, mereka juga dapat menyebabkan kerusakan gigi—yang terutama berbahaya untuk anak-anak. Dr. Lee menambahkan: "Saya tidak akan mendorong siapa pun untuk makan marshmallow saat mereka mengalami infeksi apa pun, karena itu akan merusak kesehatan gigi mereka.

Namun, Dr. Lee merekomendasikan camilan manis lain yang dapat digunakan untuk meredakan batuk yang harus mereka ketahui - madu. Dia menjelaskan: "Di sisi lain, ada banyak bukti untuk manfaat kesehatan dari madu. Dalam meta-analisis BMJ tahun 2021 dari 14 studi, madu secara signifikan mengurangi frekuensi dan keparahan batuk dibandingkan dengan pengobatan standar.

Madu telah diteliti dan terbukti memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan antioksidan.

"Daripada marshmallow, NHS merekomendasikan minum air lemon dan madu. Anda juga akan mendapatkan tambahan vitamin C dari jus lemon. Peras jus setengah lemon ke dalam cangkir, tambahkan 2 sendok teh madu dan isi setengah cangkir dengan air mendidih. Ini jauh lebih mungkin membantu mengurangi batuk daripada makan marshmallow."**