Helo Timor Leste

Sebanyak 2.117 Kandidat Kepala Desa di Seluruh Wilyah Timor Leste Ikuti Pemilihan Kepala Desa

Dodo Hawe - Nasional
Selasa, 17 Oct 2023 14:11
    Bagikan  
PERSIAPAN
CNE Manufahi/ facebook

PERSIAPAN - Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa sejumlah warga melakukan testimoni pelaksanaan pemilihan di wilayah Manufahi, Timor Leste.

HELOTIMORLESTE.COM - Sebanyak kandidat 2.117 calon Kepala Desa di seluruh wilayah Timor Leste akan mengikuti pemilihan kepala desa secara serentak pada 28 Oktober 2023.

Dari jumlah peserta yang terdaftar itu terdiri dari 241 wanita atau 11,38 persen dan 1.876 peserta lainnya adalah laki-laki atau 88,62 persen.

Pelaksanaan pemilihan Dewan Desa akan berlangsung pada 28 oktober 2023, di mana setiap warga yang memenuhi syarat akan menggunakan hak suaranya di wilayah geografis yang ditentukan oleh kartu pemilih.

Baca juga: Jumat Berkah Walikota Manufahi Memberikan Bantuan, Mendengarkan Keluh kesah Warganya yang Miskin

Badan Nasional Pengawas Pemilu melalui Petugas Pengawas Pemilu (OSE) telah mengumpulkan seluruh kandidat sebanyak 2.117 orang dari seluruh wilayah Timor-Leste.

Wakil Ketua CNE, Domingos Barreto mengatakan data yang dikumpulkan oleh CNE menunjukkan kemungkinan besar akan ada pemilihan putaran kedua karena setiap Desa memiliki dua orang calon kandidat yang bersaing.

Menurut pemantauan dari CNE saat ini banyak warga yang tertarik untuk mengikuti pemilihan kepada desa di desanya.

Baca juga: Administrator Kotamadya Manufahi Keluhkan Kerusakan Infrastruktur di Wilayahnya Akibat Bencana

Bahkan tidak hanya dari kaum pria saja yang bersaing menjadi kepala desa tidak sedikit kaum perempuan yang turut serta berkontestasi dalam pemilihan kepala desa itu.

"Karena itu, dari hal tersebut, kemungkinan besar akan ada pemilihan putaran kedua. Presentasi daftar kandidat untuk kepala desa dan delegasi akan disampaikan pada 28 oktober 2023," kata, Domingos Barreto kepada kantor berita Tatoli di kantornya, CNE, Senin (16/10/2023).

Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan partisipasi pemilih dari masyarakat sangat tinggi atusiasmenya.

Baca juga: Masalah Air Minum di Manufahi Masih Menjadi Masalah Serius, Begini Keluhan Pejabat Kotamadya

"Partisipasi pemilih dari warga Timor-Leste sangat tinggi, dengan antusiasme yang tinggi untuk bersaing dalam memilihan kepemimpinan masyarakat yang demokratis dan partisipatif," katanya.

Menurut Domingos, tak hanya pemilihnya yang memiliki antusiasme tinggi, namun partisipasi dari kaum muda menunjukkan peningkatannya ingin menjadi kandidat kepala desa juga tinggi.

"Padi, pemilihan tahun ini menjadi lebih kompetitif dibandingkan dengan pemilihan suku sebelumnya yang berlangsung tujuh tahun yang lalu," kata Domingus.

Baca juga: Kotamadya Manufahi Sosialisasikan Kajian Majalah Lafaek untuk Masyarakat Pedesaan Timor Leste

Para kandidat yang tertari dalam pemilihan kepala desa telah mengajukan pencalonan diri mereka ke meja pemilihan desa di setiap desa yang ada.

Direktur Jenderal Sekretariat Teknis Administrasi Pemilu (STAE), Acilino Manuel Branco, mengutarakan proses pencetakan kertas suara telah dimulai kemarin dan akan selesai pada 23 oktober 2023.

"Kami sudah mulai mencetak kertas suara kemarin dan akan mencetak kertas suara di percetakan yang ada di Taibesi," ujarnya.

Baca juga: Foto-foto Bencana Alam yang Terjadi di Kotamadya Manufahi, Timor Leste

Menurut peraturan proses pelaksanaan pemilihan kepala desa telah diatur dalam peraturan No. 9/2016, alinea 39, 48, dan 68, yang menyatakan bahwa pemilihan untuk delegasi dan kepala desa, akan diadakan di setiap desa untuk memilih anggota dewan suku.

Pasal 65 alinea 1 menyatakan bahwa presentasi pencalonan kandidat kepala desa dilakukan pada lima belas hari sebelum pemilihan.

Yaitu pada 13 oktober 2023, di mana warga negara Timor-Leste yang memenuhi syarat sebagai mencalonkan diri sebagai kandidat Kepala Desa. **