Helo Timor Leste

LSM Mahein Foundation Kritik Pemerintah Timor Leste, Begini Analisisnya

Satwika Rumeksa - Nasional
Jumat, 8 Mar 2024 13:52
    Bagikan  
Perbatasan
Istimewa

Perbatasan - Perbatasan Timor Leste dan Indonesia

HELOTIMORLESTE.COM - Organisasi non-pemerintah Timor Leste, Mahein Foundation, pada hari Kamis memperingatkan pemerintah akan ketidakpuasan masyarakat terhadap kurangnya “keseriusan dan urgensi” dalam memperbaiki kondisi kehidupan masyarakat sejak mereka mulai menjabat.

“Alih-alih melihat perubahan dramatis dalam gaya dan sistem pemerintahan, masyarakat malah menyaksikan kurangnya akuntabilitas, penyalahgunaan jabatan dan sumber daya publik untuk keuntungan pribadi dan kepentingan partisan, serta pengabaian terhadap kebutuhan paling mendesak dan mendasar masyarakat,” Mahein Foundation (MF) mengatakan dalam analisis yang dipublikasikan.

Analisis tersebut, yang bertujuan untuk memberikan kontribusi pada perdebatan publik, memperingatkan bahwa Timor Leste saat ini sedang mengalami beberapa krisis “sosial, ekonomi dan politik” yang saling terkait, ditambah dengan “perekonomian yang stagnan, populasi generasi muda, pelayanan publik yang tidak berfungsi, dan supremasi hukum yang lemah. dan institusi keamanan yang rapuh”.

Baca juga: Giliran Pelatih GS Caltex Puji Megawati yang Bisa Bikin Tim Lawan Gagal Paham

“Meskipun para pemimpin politik Timor Leste mengklaim berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan terdalam dan paling mendesak di negara ini, banyak dari tindakan mereka menunjukkan kurangnya urgensi dan keseriusan,” organisasi non-pemerintah (LSM) tersebut memperingatkan.

Bagi LSM tersebut, sejak menjabat pada pertengahan tahun 2023, pemerintah “terganggu oleh masalah korupsi, penyalahgunaan kekuasaan, dan kurangnya transparansi dan kepatuhan terhadap supremasi hukum”.

MF mencontohkan peringatan krisis dan kontroversi yang terjadi di Kementerian Kesehatan dan Pendidikan.

Di sektor Kesehatan, LSM tersebut merujuk pada “kekurangan obat-obatan yang menyebabkan penutupan beberapa pusat kesehatan di seluruh negeri”, pemutusan kontrak dengan dokter berpengalaman yang digantikan oleh rekan kerja yang “kurang berpengalaman” dan mempekerjakan dokter yang tidak berpengalaman.

Perusahaan yang mengimpor obat-obatan, yang pada akhirnya tidak mengimpornya, melainkan membelinya dari “apotek swasta yang berafiliasi dengan pejabat tinggi publik lainnya”.

Di sektor pendidikan, LSM tersebut merujuk pada pemecatan “banyak guru”, yang “bekerja secara sukarela selama bertahun-tahun, dan beberapa di antaranya menyumbangkan waktu dan sumber daya pribadi mereka untuk pembangunan sekolah” tanpa dukungan pemerintah.

Baca juga: Perjuangan guru Kontrak Timor Leste, Gelar Demo Ilegal Ditangkap Polisi Akhirnya Kembali Dibebaskan

MF juga mengatakan bahwa “sumber kontroversi publik lainnya” adalah biaya perjalanan luar negeri yang dilakukan oleh pejabat negara, mengacu pada rombongan lebih dari 70 orang, menurut angka pemerintah, yang melakukan perjalanan ke Uni Emirat Arab untuk menghadiri konferensi Timor Leste. Aksesi ke Organisasi Perdagangan Dunia.

“Selain itu, pembaruan rutin yang dipublikasikan di media sosial menunjukkan keterlibatan para pemimpin internasional sangat kontras dengan kenyataan menyedihkan yang ada di kehidupan masyarakat di lapangan, karena sebagian besar penduduk Timor terus hidup dalam kondisi tidak aman, dengan sanitasi yang tidak memadai. gizi dan pendapatan,” tegasnya.

LSM tersebut juga memperingatkan mengenai “politisasi lembaga keamanan”, sebuah “tren yang melemahkan integritas kelembagaan dan legitimasi rakyat negara, namun juga meningkatkan risiko korupsi dalam struktur negara”.

Bagi MF, keputusan pemerintah untuk menyediakan dana sebesar US$12 juta (€11 juta) untuk kemungkinan kunjungan Paus Fransiskus ke Timor Leste “menunjukkan bahwa negara memprioritaskan citranya sendiri di hadapan pejabat asing sehingga merugikan kesejahteraan dan kesejahteraan masyarakat. penghidupan” masyarakat umum.

“Sebagai perbandingan, jumlah ini mewakili sekitar setengah dari jumlah yang dialokasikan dalam APBN tahun 2024 untuk meningkatkan akses terhadap air dan sanitasi bagi seluruh penduduk,” jelasnya.

MF memperingatkan bahwa dalam menghadapi “penyalahgunaan jabatan publik yang mencolok, pengeluaran pemerintah yang berlebihan untuk perjalanan dan proyek-proyek yang sia-sia dan kurangnya perbaikan dalam kondisi kehidupan masyarakat” “frustasi dan kemarahan masyarakat semakin meningkat”.**