Helo Timor Leste

Breaking News, Panik Gempa Bumi Melanda Pacitan Jatim M5,1 Karena Thrust Fault

Ugu - Nasional
Senin, 22 Apr 2024 19:57
    Bagikan  
Gempa di Pacitan
@Daryanto

Gempa di Pacitan - Gempa di Pacitan

Helotimorleste- Sebuah gempa bumi dengan magnitudo 5,1 telah melanda wilayah Pacitan di Jawa Timur, dan dampaknya terasa sampai ke Yogyakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan informasi ini melalui website resmi mereka pada hari Senin, 22 April 2024. Gempa tersebut terjadi pada pukul 18.10 WIB dan memiliki kedalaman sekitar 10 kilometer.

Baca juga: Gempa Dahsyat Mengguncang Taiwan, Bangunan Runtuh dan Tsunami Menerjang Jepang

Menurut BMKG, "Episentrum gempa terletak di laut, sekitar 105 kilometer arah tenggara dari Pacitan," demikian pernyataan yang diberikan.

Koordinat dari episentrum gempa tersebut adalah 9,11 Lintang Selatan dan 111,31 Bujur Timur. Getaran gempa dirasakan di beberapa wilayah dengan intensitas yang berbeda-beda, yaitu: II-III MMI di Pacitan, Trenggalek, dan Gunung Kidul; II MMI di Bantul, Kota Yogyakarta, Kulonprogo, Blitar, Blora; serta II-III MMI di Wonogiri.

Baca juga: 2 Kali Gempa dari Timur Laut Tuban Jatim, Berikut Ini Sejumlah Kota yang Terdampak

Skala II MMI menunjukkan bahwa getaran hanya dirasakan oleh sebagian orang dan objek ringan yang tergantung dapat terlihat bergoyang. Sementara itu, skala III MMI menandakan bahwa getaran cukup kuat untuk dirasakan secara nyata di dalam rumah, seolah-olah ada truk yang melintas.

Warga diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan.

Pakar BMKG, Daryanto, menjelaskan bahwa gempa ini terjadi akibat proses subduksi antara Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia, dengan mekanisme pergerakan naik yang dikenal sebagai thrust fault.***