Helo Timor Leste

Olimpiade Paris 2024: Cabang Renang Thriathlon Terancam Batal karena Sungai Seine Terpolusi Tinja

Satwika Rumeksa - Olahraga
Senin, 29 Jul 2024 20:49
    Bagikan  
Wali Kota Paris
AP: Michel Eule

Wali Kota Paris - Wali Kota Paris Anne Hidalgo berenang di Sungai Seine untuk buktikan sungai bersih

HELOTIMORLESTE.COM - Cabang renang triatlon terancam serius batal karena kekhawatiran adanya pencemaran tinja E.coli di Sungai Seine.

Polusi di Sungai Seine telah memaksa pembatalan latihan renang hari Senin untuk atlet triatlon Olimpiade di Paris - hari kedua berturut-turut latihan telah dibatalkan setelah sesi 'pembiasaan' hari Minggu juga dibatalkan.

Hujan deras yang berdampak pada upacara pembukaan telah menyebabkan air limbah masuk ke Sungai Seine - yang menyebabkan kekhawatiran mengenai kadar bakteri feses, yang dikenal sebagai E. coli, yang diukur setiap hari. Bakteri tersebut dapat memicu gejala parah, termasuk diare berdarah, kram, muntah, dan demam.

Masyarakat umum telah dilarang berenang di Sungai Seine sejak tahun 1923, dan ada upaya yang gagal untuk membersihkannya pada tahun 1990-an. Triatlon putra dijadwalkan pada hari Selasa, tetapi jika kualitas air tidak mencapai standar yang disyaratkan pada hari perlombaan, triatlon dapat dijadwalkan ulang menjadi tanggal 1 Agustus atau 2 Agustus.

Namun, triatlon dapat diselenggarakan sebagai biatlon (bersepeda dan berlari), jika tingkat polusi masih terlalu tinggi. Sebuah pernyataan pada hari Senin oleh Paris 2024 dan World Triathlon mengatakan bahwa pengujian mengungkapkan kualitas air masih di bawah standar dan mereka ingin "menegaskan kembali bahwa prioritasnya adalah kesehatan para atlet".

Baca juga: Olimpiade Paris 2024: Cantik dan Pintar Atlet Anggar Hong Kong Raih Emas

Sungai itu cukup bersih untuk berkompetisi pada awal Juli - tetapi hujan lebat telah menyebabkan kualitasnya menurun. Pernyataan Paris 2024 dan World Triathlon menambahkan: "Uji coba yang dilakukan di Sungai Seine menunjukkan tingkat kualitas air yang menurut pandangan federasi internasional, World Triathlon, tidak memberikan jaminan yang cukup untuk memungkinkan acara tersebut diselenggarakan.

"Hal ini disebabkan oleh hujan yang turun di Paris pada tanggal 26 dan 27 Juli. Mengingat ramalan cuaca untuk 36 jam ke depan, Paris 2024 dan World Triathlon yakin bahwa kualitas air akan kembali di bawah batas sebelum dimulainya kompetisi triathlon pada tanggal 30 Juli."

Curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan limbah yang tidak diolah terbuang ke sungai, tetapi pernyataan tersebut menambahkan: "Seperti yang diamati pada bulan Juli, dengan kondisi musim panas (lebih banyak sinar matahari, suhu yang lebih tinggi, tidak adanya hujan dalam jangka waktu yang lama), kualitas air di Sungai Seine telah membaik secara signifikan."**