Helo Timor Leste

Kompetisi Pramusim FFTL Cup 2024 Diikuti 16 Tim, Klub Profesional Timor Leste Absen

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Jumat, 3 May 2024 19:38
    Bagikan  
FFTL
FFTL

FFTL - Logo FFTL

HELOINDONESIA.COM - Kompetisi pramusim yang digelar Federasi Sepakbola Timor Leste (FFTL) 2024 akhirnya digelar meskipun sempat tertunda dari jadwal yang ditetapkan sebelumnya.

Semula pertandingan akan dibuka pada 2 Mesi 2024, namun dalam pelaksanaannya ditunda hingga 10 Mei 2024, karena molornya pendaftaran.

Dalam laga ini FFTL akhirnya berhasil menjaring sebanyak 16 klub dari berbagai daerah di Timor Leste, sayangnya klub-klub yang berlaga bukan dari kelompok klun profesional, namun dari amatir.

Sebanyak 16 klub sudah memastikan diri untuk berkompetisi dalam laga FFTL Cup 2024 ini yang telah mengikuti pertemua teknis, hingga pengundian pertandingan.

Baca juga: Setelah Diwarnai Boikot dari Klub LFTL, Panitia Membuka Pendaftaran Lagi FFTL Cup 2024 Akhirnya Diikuti 12 Klub

Ke 16 klub itu masing-masing adalah:
1. São José FC
2. DIT FC
3. FIEL FC
4. FC Iralere
5. Mature FC
6. AS Kantada
7. FC Ostico
8. Relay FC
9. Zhavia-Kuda Ulun FC
10. B2B
11. Assa FC
12. Atletico de Mota Ain
13. Rai Klaran FC
14. Maubale FC
15. Mushila FC
16. Lica-Lica Lemorai FC.

Baca juga: Soal Copa FFTL 2024, Sekjen AD SLB Laulara Sebut Hampir Semua Klub Utama di Timor Leste Belum Sepakat

"Pertemuan teknis telah dilakukan antara FFTL dan klub-klub dengan cara pengundian dan pertandingan akan dimainkan selama dua bulan pada tanggal 10 Mei," kata Direktur Frederico seperti dilansir kantor berita Tatoli di gedung Kementerian Olahraga Pemuda, Seni dan Budaya (MJDAK) di Lecidere-Dili, Jumat (3/5/2024).

Dijelaskan oleh Frederico Martin, kompetisi akan berlangsung selama tiga minggu dimulai pada hari Jumat dan berakhir pada Minggu, 27 Juni 2024.

Sementara dalam kompetisi ini sebanyak 16 klub akan bertanding, dibagi menjadi empat grup yang akan berlangsung di Stadion Kota Dili, Timor Leste.

Baca juga: Klub Sepakbola Timor Leste Acam Boikot Copa FFTL 2024, Jika Keinginannya Terkait Hal ini Tidak Dipenuhi

Pelatih São José FC, Antonio Timotio, menegaskan pihaknya siap bersaing di Piala FFTL, apalaga dalam kompetisi ini tidak, banyak klub profesional tidak mendaftar.


"Kami di São José siap bersaing dalam kompetisi ini. FFTL memberikan kesempatan kepada klub-klub sepak bola amatir untuk berkompetisi, namun banyak klub di liga yang tidak terdaftar, sehingga kami juga mengambil keputusan untuk mendaftar," ujar Antonio Timotio.

Para pemain sudah menyelesaikan persiapannya dan siap menunjukkan hasil bagus di kompetisi tersebut.

FFTL telah menyiapkan hadiah bagi para pemenang dengan juara pertama mendapat $15,000, juara kedua $10,000, juara ketiga $7,500, dan juara keempat $5,000.

Baca juga: AFF-TL Menggelar Konggres, untuk Menyambut KLB FFTL Agenda Memilih Presiden yang Baru

FFTL mengoordinasikan kegiatannya dengan Pemerintah melalui MJDAK, dan Piala FFTL akan berlangsung di Stadion Kota Dili.

Seperti kita ketahui kompetisi pramusim sebelumnya mengundak polemik di antara klub-klub profesional di Timor Leste.

Perlu diketahui, sebelumnya FFTL memberikan prioritas kepada klub-klub Liga Sepak Bola Timor-Leste (LFTL) yang mempunyai hak mutlak untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Baca juga: AFV Timor Leste Siap Dukung Konres FFTL, Telah Menyepakati Masalah Internal Mereka

Namun karena mayoritas klub LFTL menolak mengikuti kompetisi ini, maka FFTL membuka pendaftaran lagi, hingga akhirnya mendapatkan 16 klub sebagai peserta kompetisi.

Saat FFTL membuka pendaftaran, ada delapan klub yang tertarik untuk bergabung, selain itu juga FFTL akan mengundang empat klub dari LFTL untuk bergabung dalam kompetisi ini.

Saat itu FFTL menargetkan peserta kompetisi ada sebanyak 12 klub yang akan bersaing memperebutkan Piala FFTL 2024, namun kini malah ada 16 klub, namun seluruh klub berasal dari klub-klub Amatir. **