Helo Timor Leste

Heboh Mesin Pencari DuckDuckGo Diblokir Pemerintah Indonesia

Ugu - Teknologi
Kamis, 1 Aug 2024 12:27
    Bagikan  
DuckDuckGo
Istimewa

DuckDuckGo - DuckDuckGo bisa di akses

Helotimorleste- Baru-baru ini, masyarakat dikejutkan dengan kabar bahwa mesin pencari DuckDuckGo telah diblokir oleh pemerintah, hal ini juga ditulis oleh Faris Yudza Ghifari, yang merupakan ahli SEO.

"Menurut “investigasi” yang saya lakukan, per 30 Juli 2024 pukul 07.30 WIB, upaya mengakses duckduckgo.com hanya menghasilkan halaman internet positif." demikian tulis DailySeo.id, 30 Juli 2024.

Tidak sampai disini, Faris juga menampilkan screen Shoot bahwa search engine DuckDuckGo benar diblokir oleh pemerintah Indonesia.

Baca juga: What Is Love TWICE Pecah Rekor, Ternyata Rahasia di Liriknya yang Bikin Penasaran

undefined

MAAF, AKSES KE SITUS INI DIBLOKIR OLEH PEMERINTAH INDONESIA
KARENA MENGANDUNG KONTEN NEGATIF
YANG MELANGGAR PERATURAN PERUNDANGAN DI INDONESIA

undefined

Faris juga menyebut bahwa Google pada tahun 2022, juga pernah menghadapi ancaman serupa namun berhasil menghindari pemblokiran setelah memenuhi persyaratan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Baca juga: Jokowi: Air, Listrik, Internet Bagus, Tapi Tidak Bisa Tidur Nyenyak, Lha Gimana Ini

Meskipun situs resmi DuckDuckGo diblokir, menurut beberapa pengguna di media sosial X (twitter) bahwa mesin pencari tersebut masih dapat diakses melalui browser Firefox atau jaringan internet Biznet.

Nah awak media Helotimorleste pun mencoba search engine tersebut melalui HP dengan menggunakan browser bawaan Samsung yang dinamai Internet, dan hasilnya Tara.. DuckDuckGo ternyata masih bisa di akses.

undefined

Tidak sampai disini , awak media juga mencoba melalui mengakses melalui browser Chrome , ternyata juga tidak ada masalah.

undefined

Hingga kini belum ada penjelasan dari pemerintah dan DuckDuckGo terkait peristiwa ini, namun DuckDuckGo kini sudah bisa digunakan lagi, berdasarkan test awak media yang dilakukan pada, Kamis 1 Agustus 2024.***