Helo Timor Leste

Setelah Bus Kupang- Dili, Segera Menyusul Angkutan Barang

Augusto Sarmento - Ekonomi
Kamis, 30 Mar 2023 22:06
    Bagikan  
Setelah Bus Kupang- Dili, Segera Menyusul Angkutan Barang

Presiden Ramos Horta/IST

HELOTIMORLESTE.COM- Kementerian Perhubungan Indonesia  menyatakan akan membuka layanan angkutan barang lintas batas antara Kupang di Indonesia dan Dili di Timor Leste, menyusul peresmian layanan bus di rute yang sama baru-baru ini.

"Pelayanan bus lintas batas Kupang-Dili untuk angkutan orang, tapi dalam waktu dekat akan dibuka kerjasama angkutan barang," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno di Terminal Penumpang Kota Kupang di Jakarta, Kamis.

Sugiatno menganggap penting untuk membuka angkutan barang lintas batas dari Kota Kupang di Nusa Tenggara Timur ke Dili karena potensi ekonomi yang besar di daerah perbatasan.

Ia menjelaskan, pelayanan angkutan darat lintas batas untuk orang dan barang yang dibangun di daerah perbatasan ke Malaysia dan Brunei Darussalam telah menunjukkan dampak positif dalam penguatan daya saing dan pertumbuhan ekonomi di sana.

Oleh karena itu, dia mengharapkan pelayanan bus niaga Kupang-Dili dan rencana kerja sama angkutan barang dapat menumbuhkan perekonomian provinsi.

?Ini harus kita dukung bersama, agar pertumbuhan ekonomi terjadi di wilayah perbatasan kedua negara,? ujarnya.

Dirjen mengajak pihak terkait untuk mendukung penyedia jasa angkutan barang agar memudahkan mereka dalam melayani rute Kupang-Dili.

Selain itu, ia menegaskan layanan bus pariwisata harus didorong untuk menumbuhkan sektor pariwisata di Nusa Tenggara Timur.

Dirjen Perhubungan dan Komunikasi Timor Leste Constantino Ferreira Suarez, Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat, dan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menghadiri acara peluncuran bus rute Kupang-Dili.

Presiden Timor-Leste Jos? Manuel Ramos-Horta menyaksikan acara tersebut secara virtual dari Dili.**