Helo Timor Leste

Bahas Ekonomi Indonesia Jusuf Kalla Tiba-tiba Singgung Etnis China, Emangnya Ada Apa

Ugu - Ekonomi
Senin, 15 May 2023 17:55
    Bagikan  
Jusuf Kalla
Badan Wakaf

Jusuf Kalla - Jusuf Kalla

HELOTIMORLESTE.COM | Ekonomi - 50% ekonomi Indonesia dikuasai oleh penduduk Etnis China. Padahal, Etnis China di Indonesia kurang dari 5%, hal ini didampaian oleh Mantan Wakil Presiden RI ke-10 Jusuf Kalla (JK)

"Kita di Indonesia penduduk Tionghoa (China) itu hanya 4,5% tapi mengusai ekonomi lebih dari 50%. Jadi kekuatan 10 kali lipat dari pada jumlahnya," kata JK dalam acara halalbihalal yang diadakan oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Hotel Borobudur, Jumat (12/5/2023) malam.

Baca juga: Tim MLBB Timor Leste SEA Games 2023 Dihormati Rakyat Filipina Karena Esportsmanship

Lantas Jusuf Kalla membandingkan dengan negara tetangga, yaitu Malaysia yang 30% total penduduk China menguasai 60% ekonomi negara

"Malaysia juga. Tapi Malaysia memang penduduk Tionghoa itu 30%. Jadi kalau ekonomi Malaysia 60% dikuasai Tionghoa, itu hanya 1 banding dua," ungkapnya.

Baca juga: Aero Dili Now flying from Dili to Denpasar Bali

JK menyebut minimnya warga Indonesia yang menjadi pengusaha menjadi masalah besar. "Tentu (etnis China) sahabat-sahabat kita, penting kerjanya bayar pajak, dia pekerjakan orang. Tapi tatanan terbesarnya ada di kita. Mereka tidak salah yang kurang kita," tuturnya.

Menurut JK tantangan terbesar sebenarnya adalah pada entrepreneurship, yang mana sebenarnya sudah dimiliki oleh para cendekiawan muslim.

"Karena itu tantangan kita yang terbesar sebenarnya pada dewasa ini. Adalah entrepreneurship. Bukan hanya ilmu saja. Semua di sini perilmuan cendikiawan," kata dia.***