Helo Timor Leste

Luhut Sebut Pertalite 2024 Dihapus Demi Udara Bersih, Simak Harga Pertamax Green

Ugu - Ekonomi
Minggu, 5 May 2024 08:50
    Bagikan  
Luhut
Setkab

Luhut - Pertalite tidak akan diproduksi

Helotimorleste- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan bahwa bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite tidak akan dijual lagi di tahun 2024. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendorong masyarakat beralih ke BBM yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi polusi udara.

"Penghapusan Pertalite akan dilakukan, dan saat ini sedang dihitung lebih lanjut," tegas Luhut, kata Luhut saat ditemui usai menghadiri CEO Forum of ASEAN Bloomberg, Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Menurut Luhut polusi udara menjadi salah satu alasan utama, oleh karena itu pemerintah ingin mencari solusi terbaik dengan mempertimbangkan penggunaan etanol, menaikkan oktan, dan pengurangan sulfur pada BBM

Lebih lanjut, Luhut menjelaskan bahwa sektor transportasi merupakan penyumbang terbesar polusi udara di Indonesia. Bahkan, hasil pengujian menunjukkan bahwa 37% sepeda motor tidak lulus uji emisi. Oleh karena itu, pemerintah fokus pada perbaikan kualitas BBM sebagai langkah awal.

"Sebelum Pertalite dihapus, kami melibatkan program Prospera (Indonesia-Australia Partnership for Economic Reform) untuk melakukan studi detail mengenai hal ini," jelas Luhut.

"Saat ini masih dalam tahap awal, dan kami akan segera menyelesaikan studi ini dalam beberapa minggu ke depan untuk mendapatkan data yang lebih lengkap."

Sebagai alternatif Pertalite, pemerintah telah meluncurkan Pertamax Green 92 pada Juli lalu. Mengenai harga BBM ramah lingkungan ini, pemerintah memastikan bahwa masyarakat tidak akan dirugikan ketika Pertalite dihapus.

"Kami akan terus berupaya agar rakyat tidak terbebani," pungkas Luhut.

Sementara itu, dikutip dari CNN harga BBM terbaru untuk sebagian besar wilayah pulau Jawa adalah sebagai berikut:

Pertamina

- Pertamax: Rp12.950 per liter
- Pertamax Turbo: Rp14.400 per liter
- Dexlite: Rp14.550 per liter
- Pertamina Dex: Rp15.100 per liter
- Pertalite: Rp10 ribu per liter
- Pertamax Green: Rp13.900 per liter

Shell

- Shell Super : Rp15.530 per liter
- Shell V-Power: Rp16.350 per liter
- Shell V-Power Diesel: Rp16.130 per liter
- Shell V-power Nitro+: Rp16.570 per liter

BP

- BP 92: Rp14.900 per liter
- BP Ultimate: Rp16.350 per liter
- BP diesel: Rp15.520 per liter
- BP Ultimate Diesel: Rp16.130 per liter.***