Helo Timor Leste

Kanwil BPN Provinsi Maluku Utara Jalankan Arahan AHY Perluas Layanan Sertipikat Tanah Elektronik

Ugu - Ekonomi
Kamis, 1 Aug 2024 15:53
    Bagikan  
Sertifikat Elektronik
Siaran Pers

Sertifikat Elektronik - Perluasan layanan sertifikat elektronik

Helotimorleste- Pemerintah terus mendorong semua Kantor Pertanahan (Kantah) di Indonesia, termasuk di Maluku Utara, untuk menerapkan layanan Sertifikat Tanah Elektronik.

Di bawah kepemimpinan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menekankan bahwa layanan Sertipikat Tanah Elektronik ini perlu diperluas penerapannya, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Baca juga: Jokowi Bawa Influencer ke IKN yang Diremehkan Bisa Datangkan Investor, Grace Natali Menjawab

Sudah lebih dari 300 Kantor Pertanahan (Kantah) yang ada di kabupaten/kota telah menerapkan layanan Sertipikat Tanah Elektronik, termasuk Kantah Kota Ternate yang berada di Provinsi Maluku Utara.

Jonahar, Koordinator Tim Pembina Pelaksana Tugas dan Fungsi Kantor Wilayah (Kanwil) BPN dan Kantah, menekankan pentingnya semua Kantah di Maluku Utara segera mengimplementasikan layanan ini. Ia berharap seluruh satuan kerja bisa selesai pada Agustus mendatang.

"Layanan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan perlu diperluas penerapannya," ujar Jonahar.
Selain itu, pemerintah juga fokus pada percepatan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Jonahar berharap program ini bisa selesai lebih cepat dari target.

Baca juga: Kematian Sinéad OConnor, Pelantun Nothing Compares 2 U, Penyebab dan Reaksi Penggemar

Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati, juga mendorong pemanfaatan teknologi dalam layanan pertanahan.

"Masyarakat harus dikenalkan dengan layanan digital kita agar lebih mudah mengakses layanan dari mana saja dan kapan saja," jelasnya.

Kepala Kanwil BPN Provinsi Maluku Utara, Stanley, menyambut positif dukungan dari pemerintah pusat. Ia berharap dengan adanya dukungan ini, seluruh satuan kerja di Maluku Utara dapat segera mengimplementasikan layanan Sertifikat Tanah Elektronik.

"Kami sangat berterima kasih atas kunjungan dari Bapak Ibu pembina dalam rangka monev kinerja pelaksanaan program kegiatan pertanahan dan dukungan percepatan tata ruang. Kami bersyukur karena dengan kunjungan ini dapat memberikan motivasi kepada seluruh jajaran Kanwil BPN Provinsi Maluku Utara," pungkas Stanley.

Hadir dalam kesempatan ini, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian ATR/BPN yang juga selaku Anggota Tim Pembina Pelaksana Tugas dan Fungsi Kanwil BPN dan Kantah. Hadir pula, seluruh Pejabat Administrator di lingkungan Kanwil BPN Provinsi Maluku Utara.** SiaranPers