Helo Timor Leste

Konser Coldplay di Jakarta Setor Pajak Rp 45 Miliar, dengan Perputaran Ekonomi Rp 1,2 Triliun

Ugu - Hiburan
Senin, 20 Nov 2023 11:36
    Bagikan  
SUMBANG KAPAL PEMBESIH DAN PAJAK  RP 45 MILIAR
@katadatacoid/ instagram

SUMBANG KAPAL PEMBESIH DAN PAJAK RP 45 MILIAR - Coldplay baru saja menggelar konser di Indonesia, merupakan penampilan pertama mereka di Tanah Air pada Rabu, 15 November 2023.

HELOTIMORLESTE.COM - Coldplay baru saja menggelar konser di Indonesia, yang merupakan penampilan pertama mereka di Tanah Air pada Rabu 15 November 2023. Konser grup musik legendaris ini diperkirakan menyumbang 2,8 juta dolar AS (Rp45 miliar) kepada pemerintah daerah DKI Jakarta melalui pajak daerah.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bahkan memprediksi konser Coldplay akan memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional, dengan potensi perputaran uang mencapai 77 juta dolar AS (Rp1,2 trliun).

Dana tersebut diperkirakan akan terdistribusi ke berbagai sektor, antara lain UMKM yang bergerak di bidang penjualan suvenir, sektor transportasi, dan sektor akomodasi di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) dan sekitarnya, dengan tingkat hunian mencapai 100 persen.

Baca juga: Kardinal Timor Leste Kunjungi Peterborough, Cambridge

Selain itu, Coldplay juga menyiapkan kapal pembersih sampah yang diberi nama Neon Moon II sebagai bentuk dukungannya terhadap isu kerusakan lingkungan.

Kapal ini diserahkan kepada The Ocean Cleanup, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada pelestarian lingkungan, demikian laporan situs seasia.co, Senin 20 November 2023.

Kolaborasi antara Coldplay dan The Ocean Cleanup dimulai pada tahun 2018 ketika Coldplay menjadi sponsor Interceptor 005.

Baca juga: Tabrakan Maut Minibus-KA Probowangi Tewaskan 11 Orang, Usai Menghadiri Acara Reuni

Pemilihan Sungai Cisadane sebagai lokasi Neon Moon II didasari oleh reputasinya sebagai tempat pembuangan sampah, dan bahkan pernah menjadi sorotan media internasional karena citranya yang buruk.

Di sisi lain, kehadiran Coldplay di Indonesia tidak hanya untuk melakukan konser musik dan menghibur para penggemarnya di Indonesia, namun juga untuk menjalankan misi kemanusiaan.

Coldplay dengan tegas menyatakan sikapnya menentang terorisme, penindasan, dan penjajahan.

Diketahui, konser Coldplay di Jakarta berhasil menarik lebih dari 70 ribu penonton. Konser bertajuk "Music of the Spheres World Tour" ini digelar di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

Baca juga: Belum Ada Pengganti, Dua Caleg di Agam Sumatera Barat Meninggal Setelah Pengumuman DTC

Coldplay merupakan salah satu band musik dunia yang getol mengkampanyekan aksi untuk menanggulangi perubahan iklim dan melestarikan lingkungan.

Setelah sukses menggelar konser bertajuk "Music Of The Spheres World Tour" di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu (15/11), Coldplay memberikan hadiah kepada Indonesia.

Coldplay mendonasikan sebuah kapal pembersih sampah (Interceptor) bernama Neon Moon II untuk Sungai Cisadane.

Baca juga: Milisi Houthi Yaman Membajak Kapal Karco Galaxy Leader Milik Israel di Laut Merah

Sebagai penyelenggara konser Coldplay, PK Entertainment menjual tiket pada 19 Mei 2023, dengan masa pre-sale yang berlangsung selama dua hari, yaitu pada 17 dan 18 Mei 2023. Seperti yang diharapkan, tiket terjual habis dalam beberapa jam.

Tiket termahal dibanderol dengan harga Rp 11 juta, sementara tiket termurah dibanderol dengan harga Rp 800.000.

Perlu diketahui bahwa daftar harga tersebut belum termasuk pajak, yang akan dibayarkan oleh penonton. Dalam pengumumannya, konser Coldplay sudah termasuk pajak daerah sebesar 15% dan service charge sebesar 5%. ***