Helo Timor Leste

Menjebol Kloset Sampai Septic Tank 10 Tahanan Melarikan Diri, Kini Sudah Diringkus Kembali di Polres Pekanbaru

Senin, 21 Aug 2023 19:38
    Bagikan  
SEPULUH TAHANAN MELARIKAN DIRI LEWAT SEPTIC TANK
dok polres Pekanbaru/harianhaluan.com

SEPULUH TAHANAN MELARIKAN DIRI LEWAT SEPTIC TANK - Sebanyak 10 tahanan polsek Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau, berhasil melarikan diri melalui dengan menjebol kolsek hingga sampai ke septic tank. Kini semua tahanan setelah sepuluh hari berhasil ditangkap kembali.

HELOTIMORLESTE.COM - Betapa mahal sebuah kebebasan, sebanyak 10 tahanan polsek Rumbai, Pekanbaru, provinsi Riau, nekat melarikan diri dengan cara menjebol kolset di dalam tahanan. Namun dalam tempo sepuluh hari tahanan itu berhasil ditangkap kembali.

Menurut keterangan kapolresta Pekanbaru, kombes Pol Jefri Ronald Parulian Siagian, dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu 20 Agustus 2023,  bahwa 10 tahanan yang kabur tersebut saat ini sudah ditangkap dalam kurun waktu 10 hari.⁠

Dipimpin seorang tokoh tahanan bernama Amir Ambon (56), para tahanan itu melakukan upaya pelarian dengan cerdas.

Mereka membongkar kloset di toilet tahanan. Selanjutnya menggali hingga sampai ke septictank yang lokasinya tak jauh dari dinding polsek sebelah luar.

Baca juga: Kapsul Tidur Berdiri Hadir di kafe Tokyo,Hilangkan Rasa Lelah dan Stres

Bagaimana cara mereka menggali? Menurut Jefri Nainggolan menggunakan piring melamin yang biasa digunakan sebagai tempat makanan tahanan. 

Hebatnya, mengutip liputan6.com, penggalian ini tak berlangsung lama, hanya hitungan beberapa jam. Sebelumnya mereka sudah membuat rencana detail agar b isa meloloskan diri dari tahanan yang  dirancang beberapa jam sebelumnya.

"Petugas tahu setelah mengeceknya sekitar pukul 05.00 WIB," ucap Jefri. 

Baca juga: ChatGPT dan AI Bahasa Lainnya Bodoh, Tidak Ada Artinya Tanpa Manusia

 Mereka menggali sekitar 1 hingga 2 jam, dengan cara bergantian. Anggota Polsek Rumbai mengetahuinya sekitar pukul 05.00 WIB dini hari, saat dicek, sel tahanan sudah kosong.⁠

Jefri menambahkan penangkapan terakhir dilakukan pada dini hari di kecamatan Bathin Solapan, kbupaten Bengkalis. Saat ini sepuluh tahanan yang lari itu sudah berhasil ditangkap kembali dan dibawa ke polresta untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Pratama Arhan Menikahi Azizah Salsha Putri Politisi Gerindra, Mas Kawin dan Erick Thohir

Saat kejadian, ruangan sel Polsek Rumbai bukannya tanpa penjagaan. Petugas piket jaga tahanan ada di luar sel tapi tidak mengetahui aksi kilat yang dilakukan Amir serta rekan-rekannya.

Sementara itu, Bidpropam Polda Riau juga tengah melakukan penyelidikan terkait ada tidaknya personel anggota polsek Rumbai yang ikut membantu pelarian kesepuluh tahanan tersebut.⁠ ***