Helo Timor Leste

PM Xanana Sebut Timor Leste Bergabung Dengan ASEAN, Karena Ingin Menjadi Bagian dari Kisah Sukses

Dodo Hawe - Internasional
Senin, 4 Sep 2023 19:31
    Bagikan  
XANANA GUSMAO
istimewa

XANANA GUSMAO - PM Timor Leste, Xanana Gusmao saat berbicara di forum KTT ASEAN di Hotel The Sultan Jakarta, Indonesia, Senin (4/9/2023).

HELOTIMORLESTE.COM - Perdana Menteri Xanana Gusmao mengungkapkan alasannya ingin menjadi anggota penuh ASEAN karena kekuat ekonomi di kawasan ini dengan komunitas yang besar.

Untuk kata Xanana alasan utama Timor Leste menjadi anggota karena ingin menjadi bagian dari kisah sukses tersebut.

"Keanggotaan penuh ASEAN akan memberikan kepercayaan diri dari keamanan kepada investor asing dan bisnis berinvestasi di Timor Leste," ujar Xanana Gusmao dalam siaran pers yang lansir kantor berita Tatoli, Senin (4/9/2023).

Baca juga: Agenda Penting PM Xanana Hari ini di Jakarta Bertemu Presiden Jokowi dan Jelaskan Posisi Timor Leste dalam Kasus Myanmar

PM Xanana mengatakan jika ASEAN menjadi pendorong penting ekonomi global dengan ukuran basar sebesar US $2,3 triliun dengan 600 juta penduduknya.

"Asean adalah kekuatan ekonomi yang telah mengubah Asia Tenggara," ujar PM dari pemerintahan konstitusional Timor Leste ke-9 ini di Hotel The Sultan Jakarta.

Untuk itu, pemerintahannya ingin menarik investasi asing langsung untuk menumbuhkan ekomi Timor Leste, yang pada akhirnya menciptakan lapangan kerja dan modernisasi dan mengubah struktur ekonomi negara.

Menurut Xanana pemerintahannya ingin menjadi bagian dari pendekatan berpusat pada rakyat ASEAN untuk pertumbuhan pembangunan.

Baca juga: PM Xanana, Pengusiran Diplomat Timor Leste dari Myanmar Tak Berdampak Keanggotaan ASEAN Negaranya

"Pendakatan ini terbukti membantu meningkatkan kekayaan perkapita, harapan hidup dan hasil kesehatan dan mengangkat jutaan orang dari kemiskinan," kata pria berusia 77 tahun ini.

DI sisi lain Xanana juga mengungkap jika ASEAN juga telah berhasil menyatukan negara-negara dengan beraga budaya dan sejarah membentuk komunitas.

Dimana dalam semuanya didasari atas ikatan komitmen bersama terhadap teleransi, saling menghormati, persahabatan dan kerasama yang kuat.

Baca juga: Pemerintahan Timor Leste Pimpinan Xanana Gusmao, Mengutuk Keras Pengusiran Diplomatnya di Myanmar

Untuk itu Xanana mendorong ASEAN aga berbuat lebih banyak lagi, melihat lebuih jauh ke luar kawasan kita dan menjadi bagian jaringan global untuk mendukung negara-negara yang rapuh.

Dimana demokrasi dan hak-hak asasi manusia harus menjadi dasar untuk membangun negara yang damai.

Baca juga: Xanana: Tanpa Resolusi Konflik Myanmar, Timor Leste tak akan Masuk ke Blok ASEAN

Selanjutnya kata Xanana ASEAN juga dapat memberikan kontribusi penting dalam mengangun ketahanan stabilitas internasional melalui toleransi dan martabat manusia.

"Dengan bekerja sama, dapat membangun tatanan internasional yang lebih baik berdasarkan visi solidaritas manusia dan kemakmuran bersama," tambanya. **