Helo Timor Leste

Paus Fransiscus Mengatakan Dia Menderita Bronkitis Akut dan Menular

Satwika Rumeksa - Internasional
Kamis, 30 Nov 2023 20:54
    Bagikan  
Sakit Bronkitis
Reuters/Yonhap

Sakit Bronkitis - Paus Fransisku mengatakan ia sakit bronkitis

HELOTIMORLESTE.COM - Paus Fransiskus pada hari Kamis mengatakan bahwa ia menderita penyakit bronkitis yang sangat menular dan akut yang membuatnya tidak dapat melakukan perjalanan ke Dubai akhir pekan ini untuk menghadiri pertemuan iklim COP28.

Francis, yang akan berusia 87 tahun pada bulan Desember, telah mengalami sejumlah masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir yang melibatkan rawat inap di rumah sakit, yang terakhir pada bulan Juni. Terlepas dari penyakitnya yang terakhir, ia masih bekerja dan bertemu dengan banyak orang.

"Seperti yang Anda lihat, saya masih hidup," katanya dalam sebuah pernyataan di luar wawancara selama audiensi di sebuah seminari tentang kesehatan dan etika, menurut transkrip Vatikan.

"Dokter tidak mengizinkan saya pergi ke Dubai. Alasannya adalah karena di sana sangat panas, dan Anda beralih dari panas ke pendingin ruangan, dan (tidak nyaman) dalam situasi bronkial ini. Syukurlah itu bukan pneumonia. Itu adalah bronkitis yang sangat akut dan menular," katanya.

Baca juga: Ketegangan Meningkat Militer AS Rilis Foto Latihan di Dekat DMZ Korea

Fransiskus mengatakan bahwa dia tidak mengalami demam tetapi sedang dalam pengobatan antibiotik, mengkonfirmasi apa yang dikatakan Vatikan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu.

Dalam audiensi lain pada hari Kamis dengan para teolog, paus mengatakan: "Berdoalah untuk saya. Doakan saya, bukan menentang, karena pekerjaan ini tidak mudah. Terima kasih."

Sekretaris Negara Kardinal Pietro Parolin mengatakan kepada wartawan pada hari Rabu bahwa ia berharap untuk memimpin delegasi Vatikan pada pembicaraan iklim di Dubai.**