Helo Timor Leste

Alhamdulillah Ahli Bedah Israel Berhasil Sambung Kepala Bocah Palestina ke Leher, Terobosan Luar Biasa

Senin, 17 Jul 2023 09:55
    Bagikan  
Operasi leher
Times Isrelael

Operasi leher - Berhasil menyambung kepala dengan leher

HELOTIMORLESTE.COM -

Ahli bedah Pusat Medis Hadassah rumah sakit Yerusalem mengumumkan pada hari Rabu, berhasil menyambungkan kembali kepala bocah ke lehernya. Hal ini merupakan operasi yang sangat langka dan rumit setelah ligamennya patah, pangkal tengkorak terputus dari tulang belakang bagian atas tulang belakang.

Suleiman Hassan, anak laki-laki berusia 12 tahun mengalami kecelakaan serius di mana ia ditabrak mobil saat mengendarai sepedanya, di Tepi Barat Palestina, langsung diterbangkan ke unit trauma rumah sakit Hadassah di Ein Kerem.Yurusalem, Israel.

Baca juga: Tokoh Lintas Agama di Israel Serukan Perdamaian

Setelah diperiksa tim bedah ternyata ligamen yang menahan pangkal posterior tengkoraknya rusak parah, membuatnya terlepas dari tulang belakang bagian atas tulang belakangnya. Kondisinya, dislokasi sendi atlanto oksipital bilateral, umumnya dikenal sebagai pemenggalan kepala internal atau ortopedi.

Perlu dicatat cedera tersebut sangat jarang terjadi pada orang dewasa, terlebih lagi pada anak-anak.

“Kami berjuang untuk nyawa bocah itu,” kata Dr. Ohad Einav, spesialis ortopedi yang mengoperasi pasien bersama dengan Dr. Ziv Asa dan tim ruang operasi dan perawatan intensif yang besar. Operasi dilakukan pada awal Juni.

Baca juga: Petani China Mengaku Ciptakan Buah Hibrida Setengah Melon Setengah Semangka

"Prosedurnya sendiri sangat rumit dan memakan waktu beberapa jam. Saat berada di ruang operasi, kami menggunakan pelat dan fiksasi baru di area yang rusak. Kemampuan kami untuk menyelamatkan anak itu berkat pengetahuan kami dan teknologi paling inovatif di ruang operasi,” kata Einav.

Einav, adalah dokter mendapat beasiswa di pusat trauma di Toronto, Sejauh yang dia ketahui, dia adalah salah satu dari sedikit ahli bedah di Israel yang berspesialisasi dalam operasi trauma untuk cedera tulang belakang.

Setelah operasi Hassan baru-baru ini dipulangkan ke rumah dengan belat serviks dan akan terus dipantau secara hati-hati oleh staf Hadassah.

Baca juga: Alasan Gonta-ganti ART, Inara Rusli Malah Mengaku 50 Kali

"Fakta bahwa anak seperti itu tidak memiliki defisit neurologis atau disfungsi sensorik atau motorik, dan bahwa ia berfungsi normal dan berjalan tanpa bantuan setelah proses yang begitu lama, bukanlah hal kecil," kata Einav.

"Cedera ini sangat jarang, tetapi kami tahu bahwa karena anak-anak berusia antara empat dan 10 tahun memiliki kepala yang besar dibandingkan dengan tubuh mereka, mereka lebih rentan daripada orang dewasa, ”kata Einav.

Tingkat kelangsungan hidup mereka yang menderita pemenggalan internal rendah. Dalam kebanyakan kasus, cedera menyebabkan kematian. Ada bukti bahwa anak-anak lebih baik daripada orang dewasa, tetapi belum cukup data yang membandingkan anak-anak dengan remaja.

Ayah Hassan tidak meninggalkan tempat tidurnya selama pemulihan dari operasi, dan ia berterima kasih sepanjang hidupnya karena telah menyelamatkan putra satu-satunya tersayang.

"Memberkati kalian semua. Berkat Anda, dia mendapatkan kembali hidupnya bahkan ketika kemungkinannya kecil dan bahayanya jelas. Yang menyelamatkannya adalah profesionalisme, teknologi, dan pengambilan keputusan cepat oleh tim trauma dan ortopedi. Yang bisa saya katakan adalah terima kasih banyak, ”katanya kepada staf medis.

Einav mengatakan bahwa dia telah melakukan operasi ini pada orang dewasa sebagai bagian dari pelatihannya di Toronto sebagai pengalaman untuk mengoperasi Hassan muda.

“Ini sama sekali bukan operasi umum, dan terutama tidak pada anak-anak dan remaja. Seorang ahli bedah membutuhkan pengetahuan dan pengalaman untuk melakukan ini, ”katanya.