Helo Timor Leste

Kimchi Membantu Anda Kurangi Lemak Perut dan Hindari Penambahan Berat Badan

Satwika Rumeksa - Ragam -> Kesehatan
Minggu, 4 Feb 2024 21:19
    Bagikan  
Mimchi Korea
Getty

Mimchi Korea - Makan Kimchi akan turunkan lemak perut

HELOINDONESIA.COM - Makanan fermentasi yang populer bisa membantu Anda menurunkan berat badan - tapi banyak orang mengabaikan manfaatnya.

Mereka yang sedang dalam perjalanan menurunkan berat badan akan tahu betul bahwa lemak perut seringkali merupakan jenis lemak yang paling sulit untuk dihilangkan. Bahkan ketika mengikuti diet sehat dan berolahraga secara teratur, bisa sulit untuk memilih area tubuh mana yang pertama kali ingin Anda kuruskan.

Namun, penelitian baru telah menyarankan bahwa satu jenis makanan bisa membantu Anda mengurangi lemak perut, dan itu adalah sesuatu yang banyak dari kita sudah nikmati.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Open, makan tiga porsi banchan Korea populer, kimchi, telah ditemukan dapat "mengurangi risiko obesitas". Kimchi lobak khususnya dikaitkan dengan "prevalensi yang lebih rendah" dari lemak perut baik pada pria maupun wanita.

Kimchi dibuat dengan cara melumuri dan mengolah sayuran, seperti kubis dan lobak, dengan berbagai bumbu dan rempah, seperti bawang putih, bawang merah, dan saus ikan. Sayuran yang digunakan dalam kimchi mengandung sedikit kalori dan kaya serat pangan, serta bakteri asam laktat yang meningkatkan mikrobiom, vitamin, dan polifenol.

Baca juga: Korea Beralih ke Kecerdasan Buatan untuk Standarisasi Rasa Kimchi

Dalam penelitian ini, para peneliti melihat data dari 115.726 peserta yang diminta untuk menyatakan seberapa sering mereka makan satu porsi makanan, mulai dari tidak pernah atau jarang hingga tiga kali sehari. Mereka juga melihat tinggi badan, berat badan, IMT, dan lingkar pinggang masing-masing peserta.

IMT untuk obesitas terdaftar sebagai di atas 25, sementara obesitas abdominal didefinisikan sebagai lingkar pinggang setidaknya 90cm untuk pria dan setidaknya 85cm untuk wanita. Dalam penelitian ini, sekitar 36% pria dan 25% wanita terdaftar sebagai obesitas menurut persyaratan ini.

Penelitian ini menemukan bahwa mereka yang makan kurang dari satu porsi kimchi secara total setiap hari dibandingkan dengan peserta yang makan lima atau lebih porsi memiliki berat badan lebih, ukuran pinggang yang lebih besar, dan lebih mungkin menjadi obesitas.

Memakan hingga tiga porsi kimchi setiap hari terkait dengan "penurunan prevalensi" obesitas sebesar 11% dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari satu porsi kimchi setiap hari.

Para peneliti mengatakan: "Karena semua hasil mengamati hubungan 'berbentuk J', konsumsi berlebih menunjukkan potensi peningkatan prevalensi obesitas. Dan karena kimchi adalah salah satu sumber utama asupan natrium, jumlah yang moderat sebaiknya direkomendasikan untuk manfaat kesehatan dari komponen-komponen lainnya."**