Helo Timor Leste

Lemparan Maut Pratama Arhan, Mendapat Pujian Legenda Sepakbola Dunia, Sepakbola Tak Hentinya Berkembang

Dodo Hawe - Olahraga
Selasa, 27 Jun 2023 14:57
    Bagikan  
LEMPARAN MAUT
istagram

LEMPARAN MAUT - Lemparan maut menjadi senjata mematikan pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan.

HELOTIMORLESTE.COM - Cerita Timnas Indonesia pasca menghadapi Timnas Agentina di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Senin (19/6/2023) masih menyisakan cerita dan komentar.

Salah satunya adalah lemparan maut Pratama Arhan, yang cukup mengejutkan lawannya saat itu Timnas Agentina.

Kiper tebaik Piala Dunia 2022 Emiliano Martinez dari Agentina ini sempat direpotkan oleh lemparan samping Arhan yang nyaris membobol gawangnya.

Bahkan pemain Tokyo Verdy ini juga membuat kerepotan lini pertahanan Timnas Argentina saat itu.

Baca juga: Lemparan Maut Pratama Arhan Bermula dari Sini, Waktu itu Langsung Gol

Di level ASEAN, beberapa asist hasil lemparan dari Pratama Arhan dapat diselesaikan dengan sempur oleh teman satu tim skuad Garuda hingga menembus pertahanan lawan.

Pasca laga melawan Argentina kualitas lempara jarak jaug Arham ini sempat menjadi perbincangan, salah satunya legenda Albiceleste Ezequiel Lavezzi yang menonton langsung dari Stadion GBK.

Pria brewok ini pun kemudian mengabadikan langsung lemparan Pratama Arhan pada instastory akun Instagram pribadinya @pocho22lavezzi.

"Ada manusia yang bisa melempar dari jarak yang begitu jauh. Membuka mata dunia bahwa sepak bola tak berhenti-hentinya berkembang," tulis Lavezzi, Minggu (25/6/2023).

Lavezzi sepertinya memberikan dukungan kepada Arhan dengan memberi tepukan tangan saat Arhan melakukan lemparan ke dalam.

Tak hanya Lavezzi, media didunia juga mengakui kaget kualitas lemparan Arhan yang imbasnya bisa membuahkan gol pada beberapa pertandingan yang di jalaninya.

Baca juga: Dua Media Argentina Sorot Pratama Arhan, Utamanya Handuk

Karena ini merupakan salah satu skill langka dan sulit untuk ditiru, sehingga Arhan sendiri rupanya punya alasan untuk mencoba lemparan mautnya pada saat melawan Argentina.

Pasalnya pemain andalan Shin Tae-yong itu baru saja menghasilkan gol untuk timnya Tokyo Verdy saat berlaga di Piala Kaisar.

Arhan pun mulai mendapat tempat di skuad utama tim yang merumput di Liga 2 Jepang (J2League) itu.

Saat bermain melawan Tim Tango, Pratama Arhan sempat mendapat sorotan penonton yang menyaksikan laga FIFA Matchday 2023 di Stadion GBK Jakarta.

Dalam laga menit ke 46 itu, lemparan ke dalam Arhan sempat membuat repot kiper terbaik Piala Dunia 2022, Emiliano Martinez.

Baca juga: Gali Freitas Siap Membela Timnas Senior Timor Leste, Jika Negara Mebutuhkan Dirinya

Saat itu Arhan bermain di babak kedua, menggantikan Shayne Pattynama, Arhan langsung memberi ancaman di menit 8 menit setelah masuk lapangan.

Sisi kiri lini pertahanan Argentina dibuat kebingungan ketika Arhan melakukan ancang-ancang jauh dan melepaskan lemparan ke dalam yang hampir menjadi assist bagi Elkan Baggott.

Sayang sundulan Baggott masih mengenai mistar gawang Emiliano Martinez, setelah momen itu Arhan rajin membuat sibuk pertahanan tim tamu.

Tidak hanya dari sisi kiri yang menjadi area bermainnya, Arhan juga mengambil lemparan ke dalam dari sisi kanan yang dekat dengan gawang Argentina.

Emiliano Martinez pun terpaksa harus keluar dari garis gawang untuk menghalau bola lemparan Arhan, sungguh menakjubkan. **