Helo Timor Leste

Jepang Hancurkan Jerman 4-1, Jelang Euro 2024

Satwika Rumeksa - Olahraga
Minggu, 10 Sep 2023 07:28
    Bagikan  
Kapten Jerman
Image: Bahho Kara/Eibner/IMAGO

Kapten Jerman - Kapten Timnas Jerman Ilkay Gundogan lesu

HELOTIMORLESTE.COM - Tuan rumah Euro 2024, Jerman, menelan kekalahan mengejutkan 4-1 di kandang sendiri dari Jepang dalam pertandingan persahabatan internasional pada hari Sabtu (9/9), memperdalam krisis yang membayangi mereka setelah kekalahan ketiga beruntun kurang dari sembilan bulan sebelum turnamen kontinental tersebut.

Juara dunia empat kali, yang tersingkir dari fase grup Piala Dunia tahun lalu setelah juga kalah dari Jepang, hanya memenangkan empat dari 17 pertandingan internasional terakhir mereka, membuat masa depan pelatih Hansi Flick diragukan.

Mereka selanjutnya akan menghadapi finalis Piala Dunia, Prancis, pada hari Selasa.

"Kami harus jujur dan mengatakan bahwa Jepang lebih baik. Mereka membiarkan bola mengalir, mereka memainkan ruang yang tepat, mengukir gol-gol mereka. Mereka lebih baik," kata kapten Jerman, Ilkay Gundogan.

Baca juga: Kualifikasi Piala Eropa: Ukraina 1-1 Inggris

"Kami membuat terlalu banyak kesalahan individu. Kami harus mengakui bahwa kami tidak berada di level yang sama dengan tim-tim seperti hari ini. Itu sulit tetapi tren berbicara dengan sendirinya."

"Kami harus menerima bahwa kami tidak cukup baik saat ini. Itulah kenyataannya. Mungkin kami bahkan berpikir bahwa kami lebih baik dari yang sebenarnya."

Jerman, meskipun memiliki awal yang baik, tidak memiliki rencana yang jelas, kurang percaya diri dan kurang energi, serta mengotori lapangan dengan kesalahan-kesalahan dan membiarkan lawan bermain dengan kasar saat para pendukung tuan rumah menyoraki dan bersiul.

Jepang mencetak gol melalui kesempatan pertama mereka saat Junya Ito membungkam para pendukung tuan rumah di menit ke-11 dengan mengirimkan umpan silang mendatar ke tiang jauh.

Tuan rumah bangkit kembali, menyamakan kedudukan di menit ke-19 setelah sebuah pergerakan yang luar biasa dan tendangan kaki kiri dari Leroy Sane.

Namun kegembiraan mereka tidak berlangsung lama, saat tim tamu kembali mencetak gol hanya tiga menit kemudian, melalui penyerang Ayase Ueda yang mengelabui kiper Marc-Andre ter Stegen setelah melakukan pergerakan di sayap kanan.

Baca juga: Gempa Dahsyat Landa Maroko Diperkirakan 1.000 Orang Tewas

Ter Stegen menggagalkan Jepang mencetak gol lagi ketika Ueda memanfaatkan kesalahan lini belakang beberapa saat kemudian untuk menerobos ke depan namun tendangannya berhasil digagalkan.

Jepang memiliki dua peluang cepat berturut-turut dua menit setelah babak kedua dimulai, tetapi Ter Stegen membuat Jerman tetap dalam permainan, seperti yang dilakukannya pada menit ke-70, pertama-tama menepis tendangan Takuma Asano dari jarak dekat dan kemudian menghentikan upaya rebound Kaoru Mitoma.

Asano menebus kesalahannya di menit ke-90, mencetak gol untuk memastikan kemenangan kedua beruntun mereka atas Jerman sebelum mereka menambah gol di waktu tambahan melalui sundulan Ao Tanaka.**