Helo Timor Leste

Luhut Panjaitan: Geely Setuju Bikin Mobil Listrik Nasional di Indonesia, Produksi Tahun 2026

Rabu, 20 Sep 2023 19:24
    Bagikan  
GEELY AKAN MASUK JADI MOBIL NASIONAL
@seasianews/ instagram

GEELY AKAN MASUK JADI MOBIL NASIONAL - Menteri kordinator maritim dan Investasi (Marinves) Luhut Panjaitan menyatakan perusaan mobil asal Tiongkok setuju akan menanamkan mkodal membuat mobil nasional di Indonesia, produksi tahun 2026.

HELOTIMORLESTE.COM - Kabar terbaru, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, telah menawarkan kesempatan kepada Geely untuk membuat merek lokal di Indonesia untuk perakitan kendaraan listrik (EV).

Diharapkan mobil baru dengan merek lokal ini sudah siap pada tahun 2026, demikian akun instagram @seasanews, mewartakan Rabu 20 September 2003.

Mengutip Reuters, Luhut menyatakan bahwa ia telah menawarkan kepada Geely untuk membuat merek lokal Indonesia untuk memproduksi mobil listrik secara lokal.

Baca juga: KPK Periksa Irwan D Mussry Terkait dengan Kasus Bekas Kepala Bea Cukai Jogjakarta, Eko Darmanto

"Saya telah menawarkan Geely kesempatan untuk merakit mobil di Indonesia, tetapi harus merek lokal Indonesia dan melakukan riset di Indonesia. Dan mereka sudah setuju," kata Luhut dalam sebuah seminar.

Tawaran ini membuka kemungkinan untuk transfer teknologi dari Geely ke Indonesia, dengan perkiraan bahwa hal tersebut dapat direalisasikan pada tahun 2025 atau bahkan 2026.

Baca juga: Kominfo Rekrut 250 Pasukan Tambahan untuk Pemantau Beritra Hoaks Bergaji Rp 7,5 Juta, Meredam Kekacauan

Luhut juga menambahkan bahwa tawarannya kepada Geely akan mencakup pasokan bahan baku untuk baterai mobil listrik, yaitu nikel.

Lebih lanjut, Luhut menekankan bahwa riset untuk mobil listrik yang dilakukan oleh merek ini harus dipimpin oleh Indonesia. ***