Helo Timor Leste

Maria Yulia Ahli Make Up Artis, Sukses Menolong Persalinan Seorang Ibu Dalam Penerrbangan Jakarta-Surabaya

Kamis, 29 Jun 2023 17:58
    Bagikan  
Melahirken Bayi di Pesawat
tangkap layar video @unikinfo.id

Melahirken Bayi di Pesawat - Maria Yulia asal Malang yang berprofesi sebagai make up artis (MUA) berhasil membantu persalinan seorang ibu yang melahirkan di atas pesawat Pelita Air, Jakarta- Surabata, Kamis 29 Juni 2023.

HELOTIMORLESTE.COM - Yulia Maria, perempuan berprofesi sebagai make up artis (MUA) berhasil membantu dan pertolongan persalinan seorang ibu yang melahirkan di pesawat Pelita Air IP 208 dalam penerbangan dari Jakarta menuju Surabaya. 

Ibu tersebut merasa akan melakukan persalainan, saat sama-sama satu pesawat dengan Yulia Maria dalam  pesawat Pelita Air IP 208 pada Selasa 27 Juni 2023 siang. 

"Saat itu saya naik pesawat Pelita Air dari Bandara Soekarno-Hatta pada sekitar pukul 12.50 WIB dengan rute tujuan ke Bandara Juanda Surabaya," kata Yulia memberi penjelasan. seperti dikutip pada laman instagram @unikinfo_id, Kamis 29 Juni 2023.

Baca juga: Boeing 717 Delta Mendarat Selamat Tanpa Roda Depan, Penumpang Langsung Tepuk Tangan!

Di tengah perjalanan, seorang pramugari memberi pemberitahuan kepada seluruh penumpang, melalui pengeras suara. Pengumuman itu untuk mencari penumpang yang berprofesi sebagai tenaga medis.

Pengumuman itu disampaikan untuk meminta pertolongan pada seorang ibu yang akan melahirkan. Sayangnya, saat itu tidak ada penumpang yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan.

"Saat itu saya ke kursi bagian belakang dan melihat pramugari sudah melepas tirai yang menjadi pembatas antara penumpang dan pramugari. Di situ terlihat ibu yang akan melahirkan itu ditidurkan di kursi," kata Yulia lagi.

Baca juga: Inses Ayah dan Anak 7 Bayi Dikubur Hidup-hidup, Pelaku: Atas Saran Dukun Pesugihan dari Klaten



Suasana kala itu cukup menegangkan, penumpang maupun pramugari kebingungan terkait apa yang harus dilakukan. Sebab, hal ini berhubungan dengan nyawa.

"Bingung semua saat itu, pada bilang 'gimana ini? gimana ini? Kondisi saat itu saya juga panik takut bayinya kenapa-kenapa, tapi juga kepingin nolong ibu itu lahiran," kata Yulia.

Dari situ, dia akhirnya memutuskan untuk bergerak memberikan pertolongan bersama dengan satu penumpang lain.

Baca juga: Pak RT Minta Rp 100 Juta untuk Sembelih Sapi Kurban Dewi Perssik, Lho Nggeser Urusan Politik Ganjar-Anies



"Pikiran saya awal cuma berusaha membantu apa yang saya bisa," ujar Yulia. Dengan keberaniannya itu pula, akhirnya sang ibu berhasil melahirkan dengan selamat dalam penerbangan Jakarta-Surabaya.

Meski tidak memiliki latar belakang medis, Yulia berhasil membantu proses persalinan darurat tersebut. Ibu dan bayinya terpantau dalam keadaan sehat dan selamat. Usai mendarat, ibu dan bayi langsung dievakuasi ke RS Mitra Keluarga Waru, Sidoarjo, untuk dapat penanganan lanjutan.***