Helo Timor Leste

KA Vs Truk Tebu di Lampung, Penumpang Dievakuasi Menggunakan Bus Umum ke Tempat Tujuan

Rabu, 19 Jul 2023 01:54
    Bagikan  
TABRAKAN KA VS TRUK TEBU DI LAMPUNG
@lampuung and lampungutara_info

TABRAKAN KA VS TRUK TEBU DI LAMPUNG - Sebuah kecelakaan kereta api melawan truk Fuso bermuatan tebu terjadi di Kuala Stabas relasi Tanjung Karang-Baturaja yang tertempel atau menabrak truk jenis Fuso di jalur kereta api di Km 81+0/1 Blambangan pagar-Kalibalangan, Lampung Utara.

HELOTIMORLESTE.COM - Selain kecelakaan kereta api lawan trailer di Semarang, sebelumnya juga terjadi kecelakaan serupa juga terjadi di Kuala Stabas relasi Tanjungkarang-Baturaja dengan sebuah mobil truk Fuso bermuatan tebu di Lampung Utara, pada Selasa 18 Juli 2023, sore menyebabkan perjalanan kereta api penumpang terganggu.

PT KAI Divre IV Tanjungkarang kini tengah melakukan proses evakuasi terhadap seluruh penumpang kereta api yang terdampak dari peristiwa kecelakaan tersebut.

Pelakhar Manager Humas Divre IV Tanjungkarang, M Reza Fahlepi mengatakan, pasca kejadian tersebut, PT KAI langsung melakukan overstappen atau memindahkan penumpang kereta api terhadap para penumpang yang terganggu perjalanannya menggunakan bus agar tetap sampai ke tujuan.

Baca juga: Indonesi Raya Berkumandang Pertama Kali di Arena Cataluna, Fadillah Aditama Juara Race TIM Junior



"Saat ini petugas di lapangan sedang melakukan upaya-upaya untuk menormalisasi jalur dan perjalanan KA," kata Pelakhar Manager Humas Divre IV Tanjung Karang, M Reza Fahlepi dalam keterangannya, Selasa malam 18 Juli 2023 memberikan penjelasan.

Berikut data jumlah penumpang kereta api yang dievakuasi menggunakan bus oleh PT KAI Divre IV Tanjung Karang.

Baca juga: Soal KA Brantas Tabrak Truk, Begini Penjelasan PT KAI



1. Penumpang KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang-Baturaja (S8) sebanyak 365                penumpang di akomodir menggunakan bus dari Blambangan Pagar ke Kotabumi. (KA S8 menggunakan rangkaian S7 balik ke Baturaja)

2.  Penumpang KA Kuala Stabas (S7) relasi Baturaja-Tanjung Karang sebanyak 383 penumpang di akomodir menggunakan bus kedatangan dari Blambangan Pagar di Kotabumi, penumpang S7 ke arah Blambangan Pagar (KA S7 menggunakan rangkaian S8)

3. Penumpang Ekspres Rajabasa (S11) relasi Kertapati-Tanjungkarang sebanyak 551 penumpang diakomodasi menggunakan bus sampai ke Tanjungkarang.

Baca juga: KA Brantas Tabrak Truk dan Meledak di Semarang

Reza menambahkan, bahwa saat ini PT KAI Divre IV Tanjungkarang belum bisa memastikan apakah perjalanan kereta api pada esok hari bisa beroperasi secara normal atau tidak, karena pihaknya masih melakukan normalisasi jalur.

"Saat ini kami masih melakukan evakuasi, semoga perjalanan kereta api besok tiada kendala," ujarnya.

Baca juga: Ditangkap Curi Emas, Ternyata Ditemukan Puluhan Celana Dalam dan BH di Rumah Tersangka Bangsalsari Jember



Sebelumnya diberitakan, kereta api penumpang Kuala Stabas relasi Tanjungkarang-Baturaja terlibat kecelakaan di perlintasan kereta api di kilometer 81+0/1 Blambangan Pagar-Kalibalangan, kabupaten Lampung Utara, pada Selasa 18 Juli 2023, sekitar pukul 15.00 WIB. ***