Helo Timor Leste

Gelar Salat Goib, Delapan Penambang Dinyatakan Hilang Semingu Terjebak di Tambang Emas Ilegal Banyumas

Rabu, 2 Aug 2023 10:23
    Bagikan  
TABUS BUNGA DI ATAS LUBANG TAMBANG-
tangkap layar video@net2news

TABUS BUNGA DI ATAS LUBANG TAMBANG- - Delapan penambang emas ini dilaporkan terjebak di lubang galian tambang emas di Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, sejak Selasa, 25 Juli 2023 malam.

HELOTIMORLESTE.COM - Misi penyelamatan delapan pekerja tambang yang terjebak di dalam lubang galian pertambangan emas ilegal sedalam kurang lebih 60 meter di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dihentikan pada 1 Agustus 2023 .

Delapan penambang yang berasal dari kabupaten Bogor Jawa Barat dinyatakan hilang, demikian akun instagram @net2netnews, mewartakan Rabu 2 Agustus 2023.

Delapan penambang emas ini dilaporkan terjebak di lubang galian tambang emas di desa Pancurendang, kecamatan Ajibarang, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sejak Selasa 25 Juli 2023 malam.

Saat dikonfirmasi, kapolresta Banyumas, kombes Edy Surantu Sitepu melalui menjelaskan bahwa tim evakuasi  tim SAR gabungan dari Basarnas, Koramil, dan BPBD Banyumas sudah diterjunkan ke TKP sejak laporan tentang penambang yang terjebak di tambang ilegal tersebut.

Baca juga: Akun TikTok Jungkook BTS Terbokar Tidak Sengaja, Malu Nama Ian Jadi Trending Topik



Tim SAR telah berupaya maksimal selama 7 hari dengan melakukan pembendungan aliran sungai dan melakukan penyedotan air di lubang-lubang tambang, tetapi permukaan air tidak juga berkurang.

Berdasarkan hasil evaluasi dari tim SAR gabungan, korban delapan orang ini kami nyatakan hilang, di kedalaman 45-60 meter," kata Kepala Basarnas Cilacap selaku SAR Mission Coordinator Adah Sudarsa, seusai penutupan operasi SAR.

Baca juga: Dihantam Obak Kapal Nelayan KM Mekar Sari Satri Yaya 2 Tenggelam, 15 ABK Selamat



”Kami atas nama Tim SAR Gabungan memohon maaf sebesar-besarnya serta turut berbela sungkawa atas musibah yang telah terjadi. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan,” tutup Adah Sudarsa.

Saat ini keluarga 8 orang terjebak di lubang tambang emas di desa Pancurendang, kecamatan Ajibarang, kabupaten Banyumas Jawa tengah, tengah menggelar salat goib dan tabur bunga di lokasi musibah. ***