Helo Timor Leste

6 Penyanyi Disabilitas Netra yang Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Ugu - Ragam
Sabtu, 26 Aug 2023 16:25
    Bagikan  
Putri Ariani
@Putriariniofficial

Putri Ariani - Putriani diapit kedua orang tua

HELOTIMORLESTE.COM -

Memiliki keterbatasan fisik sebagai disabilitas netra (tidak bisa melihat) bukan merupakan hambatan seseorang untuk meraih impian. Bahkan beberapa orang ini mampu mencapai level dunia, pada puncak yang mana tidak semua orang bisa meraihnya.

Berikut ini 6 penyanyi dan musisi yang populer di dunia sepanjang masa yang dikumpulkan oleh helotimorleste.com, salah satunya berasal dari Indonesia

Baca juga: Pria Bermasker Jelaskan Kuning Honda Bukan Karat Diketawain Netizen, AHM Blunder

1. Putri Ariani

Ia lahir dengan kondisi Retina of Premature (ROP) dan dinyatakan buta total ketika usianya masih mencapai 3 bulan. Gadis yang berdomisili di Jogja ini sadar bakatnya saat berusia 2 tahun.

Saat itu ia sering meniru bunyi suara yang didengarkan. Orang tua Putri pun terus memberikan dukungan kepada anak sulung mereka. Selain kemampuan bernyanyi, Putri juga mahir bermain piano.

Sebelum mendapatkan Golden Buzzer dari Simon Cowell dalam ajang pencarian bakat di America Got Talent, Ia sudah berkali-kali mengikuti lomba menyanyi dan selalu meraih gelar pemenang, bahkan Putri sudah pernah menorehkan prestasi yakni membawakan lagu "Song of Victory" di acara pembukaan pesta olahraga Disabilitas se-Asia tahun 2018.

Baca juga: Cara Diet Mudah, Bahkan Tidak Diet Ala Lisa, Jennie, Rose dan Jisoo BLACKPINK

Putri Ariani juga pernah juara kontes Indonesia's Got Talent pada tahun 2014 silam. Kala itu ia masih duduk di bangku SD, kini ia duduk di bangku SMA dan menjadi buah bibir netizen seluruh Indonesia, setalah viral menyanyikan lagu Rungkad, saat di Istana Merdeka dalam rangka HUT ke 78 Kenerdekaan RI, 17 Agustus 2023.

Nama Lengkap: Ariani Nisma Putri Nama Panggilan: Putri Ariani Tempat Tanggal Lahir: Bangkinang, Kampar, Riau, 31 Desember 2005 Orang tua: Ismawan Kurnianto, Reni Alfianty Profesi: Penyanyai

2. Stevie Wonder

Dilahirkan di Michigan, Amerika Serikat, Sejak lahir Stevie Wonder tidak dapat melihat, namun kondisi ini tidak membuatnya putus asa, bahkan ia menjadi salah satu musisi ternama di dunia.

undefined

Ketenaran namanya ia dapat berkat kepiawaiannya dalam bernyanyi, mencipta lagu, hingga menjadi produsen hingga menjadi aktivis sosial di negaranya.

Pelantun 'I Just Called To Say I Love You' ini, telah mengantongi 22 Grammy Awards sekaligus, salah satunya sebagai 'Lifetime Achievement'.

3. Ronnie Milsap

Buta sejak lahir, bahkan Ronnie dibesarkan di lingkungan yang keras dan miskin di Carolina Utara, Amerika dalam suasana miskin dan keras.

undefined

Album pertamanya dirilis oleh Warner Brothers pada tahun 1971. Selama kariernya, ia memiliki 40 lagu country yang terkenal sepanjang masa, 14 di antaranya berhasil memenangkan Grammy Awards dan Country Music Assocoation Awards.

Baca juga: Kalau Honda Ogah, Pemerintah Harusnya Recall Motor Honda Karena Bahaya Keselamatan

Pelantun 'Smoky Mountain Rain' ini sukses merilis album pertamanya yang bertajuk 'Total Disaster'. Keahliannya dalam memainkan piano, biola, dan gitar menjadikan Milsap sebagai salah satu musisi tunanetra paling populer sepanjang masa.

4. George Shearing

Goerge Shearing yang buta sejak lahir, dikenal sebagai 'bapaknya musik jazz', ia juga merupakan musisi dan pianis jazz andal. Hal itu membuat ia dipercaya untuk memimpin beberapa label rekaman ternama, seperti MGM Records dan Capitol Records.

undefined

Hampir 300 lagu bernuansa jazz telah ia ciptakan, termasuk 'Lullaby of Birdland'. Pada tahun 2003, ia menerima penghargaan 'Lifetime Achievement Awards' dari BBC Jazz Awards. Dunia jazz berkabung saat ia berpulang di usia 91 tahun akibat penyakit jantung yang dideritanya.

5. Ray Charles

Ray Charles adalah pelantun 'I Can't Stop Loving You', lantas lagu ini menjadi populer di seluruh dunia hingga saat ini. Charles juga salah satu pelopor genre musik soul yang menggabungkan nuansa rhythm’n’blues, gospel, dan blues.

undefined

Lahir dari pasangan Bailey Ribinson dan Aretha Robinson, Charles dibesarkan di kawasan miskin di Greenville, Florida. Kebutaannya sejak justru membawanya di peringkat 10 dalam daftar 100 Greatest Artists of All Time di tahun 2004, serta peringkat 2 untuk 100 Greatest Singers of All Time pada tahun 2008 menurut majalah Rolling Stone.


6. Andrea Bocelli

Penyanyi disabilitas netra asal Italia ini adalah merupakan satu penyanyi yang memiliki tenor yang besuara keras, dan lembut yang mampu menghibur panggung opera.

undefined

Bocelli sejak lahir menderita congenital glaucoma, pada umur 12 tahun, dia mengalami kebutaan total akibat kecelakaan saat bermain sepak bola. Namun, bakatnya menyanyinya menjadi kekuatan untuk malang-melintang di industri musik.

Ketenarannya semakin melejit saat ia berduet dengan musisi kawakan Sarah Brightman untuk lagu 'Time to Say Goodbye', lantas dengan Celine Dion pada tahun 1998 membawakan lagu 'The Prayer'. yang memenangkan penghargaan Kusala Golden Globe sebagai lagu latar terbaik dalam film 'Quest for Camelot'.

Selain menyanyi Bocelli juga berhasil meraih gelar doktor ilmu hukum dari Universitas Pisa. Bahkan ia sempat berprofesi sebagai pengacara.***