Helo Timor Leste

Lebih dari 18 Cara Rumahan Untuk Hilangkan Bau Badan, Kalau Masih Bau Juga Ampun Kak

Ugu - Ragam
Kamis, 5 Oct 2023 16:41
    Bagikan  
Bau badan, bau ketiak
Istimewa

Bau badan, bau ketiak - Ilustrasi bau badan

HELOTIMORLESTE.COM -

Kadang-kadang, ketika kita berada di ruangan tertutup dan panas dan banyak berkeringat, kita menjadi sadar diri, bahwa diri kita mungkin bau.

Jangan cemas karena ini terjadi pada semua orang dan Anda boleh cemas jika bau itu mengganggu orang lain, bahkan saat Anda tidak mencium bau tubuh Anda sendiri

Ini mungkin mencengangkan? daripada bertanya tanya ikuti beberapa tips dan trik yang mungkin berguna bagi Anda.    

Baca juga: Kunyit Baik untuk Kesehatan Pencernaaan dan Kelebihan Asam Lambung

Apa Penyebab Ketiak Bau? 

Saat kita berkeringat, lemak, garam, dan air yang ada di keringat bercampur dengan bakteri yang sudah ada di kulit kita, sehingga menimbulkan bau, termasuk makanan yang kita makan, hormon, dan obat-obatan. 

Makanan tertentu mengandung belerag sepertin bawang bombay, kubis, brokoli, kembang kol, daging merah, dan bawang putih hingga jengkol.

Makanan lain yang memicu bau badan: kafein, alkohol, saus pedas atau makanan pedas lainnya, rempah-rempah seperti kari atau jinten.

Bau juga akan keluar saat Anda stres atau cemas,  berolahraga, cuaca panas dan jika berat badan Anda melebihi rekomendasi berat badan normal 

Adalah rambut adalah tempat berkembang biaknya bakteri, termasuk rambut di ketiak dan kemaluan, jadi rambut atau bulu bisa menjadi penyebab bau 

Kondisi medis tertentu yang mendasari juga dapat menyebabkan timbulnya bau ketiak yang aneh, seperti sakit encok, penyakit pernafasan, penyakit menular, hati dan ginjal, diabetes (menyebabkan ketoasidosis diabetik), mati haid hingga tiroid 

Cara Rumahan untuk atasi ketiak bau: 

Simak beberapa pengobatan rumahan untuk ketiak bau yang bisa Anda coba, menghilangkan bau ketiak. Mereka adalah sebagai berikut: 

A. Herbal untuk pemakaian luar atau dioles

1. Teh hijau dapat membantu Anda memblokir pori-pori di kulit Anda dan mengurangi keringat, dengan cara membasuh kulit Anda dengan rendaman air teh hijau

Anda bisa mengambil beberapa kantong teh hijau dan merendamnya dalam air hangat, setelah suhu dingin keluarkan kantong tehnya dan meletakkan kantong teh tersebut di bawah ketiak selama beberapa menit. Penggunaan teh ini secara konsisten mungkin terbukti meredam bau ketiak.

Baca juga: Mencukur Rambut di Area Lubang Pantat, Hingga Itu yang Belum Pernah Anda Dengar

2. Jus lemon mengandung asam sitrat, yang membunuh bakteri. Sebagai obat untuk ketiak bau, Anda bisa mengambil lemon dan jusnya, lalu campurkan jus ini dengan air. Anda bisa memasukkan jus lemon ini ke dalam botol semprot dan menyemprotkannya ke ketiak Anda, atau ke bagian yang menimbulkan bau.

3. Cuka sari apel mengandung asam, yang membantu menghancurkan bakteri secara efektif. Dengan demikian, ini dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan rumahan untuk ketiak yang bau.

Anda bisa mengambil beberapa tetes cuka sari apel dan mengencerkannya dengan sedikit air. Anda bisa memasukkan air encer ini ke dalam botol semprot dan menggunakannya untuk menyemprot ketiak Anda.

4. Parutan temulawak juga dapat dibalurkan ke seluruh badan, lalu didiamkan hingga kering sebelum dibersihkan untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Mentimun (Cucumis sativus) Timun bisa hilangkan bau badan caranya, cuci bersih satu buah mentimun muda, iris tipis, lalu oleskan atau gosokkan pada bagian badan yang berbau. Atau, parut mentimun, lalu kompres bagian ketiak dengan parutan tersebut. Diamkan kurang lebih 10-15 menit, kemudian angkat. Lakukan hal ini setelah mandi.

Baca juga: Peralatan Dapur Terbuat Dari Bahan Kayu atau Bambu Lebih Aman Sehat dan Ramah Lingkungan


B. Cara non herbal untuk pemakaian luar

1 Soda kue  

Kulit memiliki asam alami di dalamnya, yang dapat diseimbangkan oleh soda kue. Ini membantu mengurangi bau ketiak. Ini mungkin obat yang cukup mudah untuk menghilangkan bau ketiak. Anda bisa mengambil sedikit soda kue dan mencampurkan sedikit air untuk membentuk pasta setengah padat. Oleskan pasta ini ke ketiak Anda dan biarkan mengering. Setelah kering, cuci bersih.

Jika tidak, Anda bisa mengoleskan campuran yang dibuat ke ketiak Anda menggunakan kapas.    

2. Sabun Antibakteri  

Menjaga kebersihan dengan mandi secara teratur terbukti bermanfaat dalam mengurangi bau badan. Anda dapat menggunakan sabun antibakteri, yang membantu mengurangi jumlah bakteri pada kulit Anda, sehingga mengurangi kemungkinan munculnya bau badan.

3. Pakaian  

Mengenakan pakaian yang longgar dan terbuat dari katun dapat membantu mengurangi bau badan. Mengenakan pakaian yang menyerap kelembapan dari tubuh, yang dikenal sebagai kain penyerap kelembapan, bisa sangat membantu.

Mengenakan bra dan pakaian dalam yang terbuat dari kain ini mungkin bisa membantu. Mencuci pakaian secara teratur dan memakai pakaian bersih mungkin merupakan cara yang baik untuk mengurangi bau ketiak.

4. Fokus pada ketiak

Saat mandi fokuslah pada kebersihan ketiak, baru setelah itu lipatan kulit yang lain seperti di leher, selakangan dan dekat dubur, siku-sijubtangan dan kaki.

C. Modifikasi Gaya Hidup  

1. Modifikasi gaya hidup sehat seperti mengurangi asupan atau menghindari makanan yang menyebabkan bau badan seperti kafein, alkohol, bawang bombay, bawang putih, dll., dapat membantu mengatasi bau badan dan bau ketiak.

2. Cukur bulu ketiak.

Menghilangkan bulu ketiak juga bisa membantu karena rambut bertindak sebagai tempat berkembang biaknya bakteri. Anda dapat menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencukur atau waxing. Perubahan kecil ini mungkin bisa membantu mengurangi bau ketiak.  

D. Menggunakan herbal untuk diminum

1. Daun beluntas (Pluchea indica) yang telah direbus juga lezat disantap sebagai urap (sayuran dengan kelapa parut yang dibumbui). Bila rutin menyantap daun beluntas, niscaya bau badan akan hilang. Selain itu, bau mulut yang kurang sedap pun akan hilang. Bagi yang tidak suka, bisa dengan meminum air rebusan daunnya setiap pagi dan sore.

2. Daun kemangi (Ocimun bassilicum) selain menghilangkan bau badan juga berfungsi sebagai antiseptik. Caranya bisa dengan memanfaatkan sebagai lalap mentah atau sayuran urap. Atau, haluskan daun, biji, dan akar kemangi, lalu seduh dengan air panas, saring, dan ditambahkan gula aren. Minum 2 kali sehari, pagi dan malam.

3. Rimpang temulawak (Curcuma xanthorrhiza) Sapomin, flavoinoida, dan minyak atsiri, merupakan zat-zat dalam temulawak yang dapat menghilangkan bau badan, dengan cara meminum rebusan rimpang temulawak yang telah dipotong-potong halus.

4. Bunga kecombrang (Nicolaia speciosa) Zat aktif yang dapat menghilangkan bau badan pada tanaman ini adalah sapomin, flavoinoida, dan polifenol. Selain sapomin dan flavoinoida, kecombrang juga mengandung polifenol.

Kecombrang dapat dimanfaatkan dengan memasak daun muda dan bunganya sebagai teman makan nasi. Bunga kecombrang dapat dimasak sebagai campuran sayur lodeh atau gulai.

5. Jeruk purut (Citrus bystrix) Kulit jeruknya mengandung minyak atsiri yang berbau harum sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya, minum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur yang dihaluskan bersama-sama dengan air secukupnya.

6. Jahe (Zingiber officinale) segar dapat menghilangkan bau badan. Wedang jahe yang dikonsumsi secara teratur bisa jadi membantu mengatasi masalah bau badan.

7. Cengkih (Eugenia aromatica) Rendam beberapa kuntum bunga cengkih dalam air hangat sehingga mengembang, lalu dinginkan, dan minum airnya. Lakukan secara teratur pagi dan sore, niscaya bau badan akan segera menghilang

E. Kombinasi dari semua cara di atas

Anda dapat menggunakan lebih dari satu cara, Anda bisa menggunakan 3 cara sekaligus, misal dioleskan mentimun, minum jahe dan cukur bulu ketiak dan seterusnya


F. Alternatif selain cara rumahan

Anda tidak boleh mengandalkan pengobatan rumahan saja untuk mengatasi bau ketiak. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, sebab bau badan Anda bisa jadi pertanda tubuh Anda sedang mengalami sakit, jadi membutuhkan pengobatan lebih lanjut oleh dokter.***