Helo Timor Leste

Di Indonesia Elit Politik Sibuk Bangun Dinasti, di China 5 Kaisar Malah Dibunuh Anak Sendiri

Satwika Rumeksa - Ragam
Senin, 11 Dec 2023 13:31
    Bagikan  
Ilustrasi Kaisar
Istimewa

Ilustrasi Kaisar - Kebanyakan intrik menyebabkan perebutan kekuasaan bapak-anak

HELOINDONESIA.COM - Di Indonesia elit politik sibuk membangun dinasti dengan mengorbitkan anak.

Di China sejarah menyakitkan mengungkap skandal keluarga keluarga kerajaan! Bukannya membangun agar dinastinya langgeng kelima kaisar ini semuanya dibunuh oleh putra mereka sendiri.  Siapa mereka?

1. Kaisar Daxing (Dinasti Han Timur)

Kaisar Liu He dari Daxing memiliki kedudukan yang tinggi dan berkuasa, namun karena perebutan kekuasaan kekaisaran, ia diracun sampai mati oleh putranya sendiri Liu Xie dan para kasimnya. Perselisihan yang kuat, intrik istana, dan pemandangan kelam istana Dinasti Han Timur.

2. Xuanzong (Dinasti Tang)

Xuanzong Li Chen bangkit di Dinasti Tang yang makmur, tetapi ketika putranya Li Chun melancarkan kudeta, dia terjebak di daerah terlarang dan akhirnya meninggal di Aula Jianyi. Persimpangan antara kasih sayang keluarga dan politik menjerumuskan seluruh dinasti ke dalam perselisihan yang tak ada habisnya.

Baca juga: Kuli Angkut Cantik Ini Menolak Hidup Mewah, Tinggalkan Calon Suami Kaya Demi Cita-Citanya

3. Gongzong (Dinasti Song)

Gongzong Zhao Kuangyin, pendiri Dinasti Song, diculik oleh putra kandungnya Zhao Kuangyi dalam kudeta yang berakhir tragis. Garis keturunan sedang berperang, keluarga kerajaan berubah, dan sejarah tiba-tiba menjadi membingungkan.

4. Zhezong (Dinasti Ming)

Zhu Quan, Zhezong dari Dinasti Ming, berada di persimpangan intrik politik dan perselisihan keluarga dan dipenjarakan oleh putra kandungnya Zhu Youtang hingga kematiannya. Kejayaan Dinasti Ming berakhir sebelum waktunya akibat konflik keluarga yang menyedihkan.

5. Xiaozong (Dinasti Qing)

Xiaozong Hongli dari Dinasti Qing lahir di masa sulit, tetapi dia dipenjara ketika putra kandungnya Hongshi menghasut pemberontakan dan menjadi korban perjuangan keluarga. Rencana besar untuk membersihkan rumah itu hilang dalam sekejap.**