Helo Timor Leste

Beda Nasib Dua Pemain Asal Timor Leste di Liga 1 Indonesia Joa Pedro di Makassar dan Gali Freitas di Semarang

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Senin, 30 Oct 2023 09:18
    Bagikan  
BEDA NASIB
psis semarang/ psm makassar

BEDA NASIB - Dua pemain asal Timor Leste yang merumput di Liga 1 Indonesia 2023, Gali Freitas di PSIS Semarang dan Joao Pedro bermain di PSM Makassar.

HELOTIMORLESTE.COM - Dua pemain asal Timor Leste yang merumput di Liga 1 Indonesia 2023 bernasib berbeda-beda.

Kedua pemain ini sama-sama menjadi pemain asing untuk slot pemain asal negara ASEAN baik Joao Pedro bermain di PSM Makassar dan Gali Freitas di PSIS Semarang.

Sosok Paulo Gali Freitas merupakan pemain yang murni bermain di Liga 1 Timor Leste (Liga Timorense).

Sejak awal Gali Freitas sudah malang melintang di Liga Timorense seperti pernah memperkuat klub SLB Laulara, Lalenok United FC, Assalam FC, dan Karketu Dili FC, kemudian PSIS Semarang.

Baca juga: Dua Pemain Timor Leste di Liga 1 Indonesia, Karier Joao Pedro Kalah Moncer dari Gali Freitas

Tim terakhir yang diperkuat Gali Freitas di Liga Timorense adalah Karketu Dili FC yang terakhir menjuarai Liga 1 Timor Leste.

Sementara Joao Pedro sebelum bergabung ke PSM Makassar sudah memperkuat klub Benfica Macao, salah satu klub Liga 1 Macao.

Baik Joao Pedro maupun Gali Freitas sama-sama pernah bermain di SLB Laulara, maupun di Lalenok United.

Joao Pedro lebih dulu meninggalkan negaranya untuk melang melintang di luar Timor Leste, sejak tahun 2020 dengan bergabung dengan Ubon United di Thailand, kemudian di Liga malaysia.

Baca juga: Gali Freitas Terpilih Jadi Model Peragakan Jersey Baru PSIS Semarang Bernuansa Sejarah dan Keindahan Kota

Sedang Gali Freitas lebih banyak bermain di Liga Timor Leste, baru setelah tahun 2023 PSIS Semarang menaruh hati kepada Gali untuk merekrutnya.

Namun nasib Gali Freitas dengan Joao Pedro justru berbanding terbalik, Gali Freitas kini menjadi pemain andalan PSIS Semarang.

Bersama klub Mahesa Jenar, Gali Freitas sukses menjelma menjadi idola baru di kalangan suporter Semarang seperti Panser Biru dan Snex.

Bahkan Gali Freitas kini menjadi idola baru kalangan suporter di Kota Semarang, tak lepas dari performanya yang terus meroket bersama PSIS Semarang.

Baca juga: Gali Freitas Kembali Sumbangkan Gol PSIS vs Persikabo, Kini Jadi Bomber Andalan Mahesa Jenar

Berdasarkan catatan statistik Gali Freitas hingga putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023 sudah mengoleksi 7 gol dan 3 assist dari penampilannya sebanyak 15 kali.

Di sisi lain Gali Freitas juga sudah pernah memperoleh sebanyak 4 kartu kuning, dalam permainannya sebanyak 1.158 menit.

Ini merupakan prestasi terbaik untuk level pemain ASEAN yang bermain di Liga 1 Indonesia tahun 2023 ini.

Berkat performanya yang cemerlang di PSIS Semarang kini Gali mendapat banyak perhatiann dari sejumlah klub sepakbola dari malaysia, Thailand hingga Filipina.

Baca juga: Dua Pemain Timor Leste di Liga 1 Indonesia, Karier Joao Pedro Kalah Moncer dari Gali Freitas

Bahkan bos PSIS Semarang, Yoyok Sukawi sudah memagari pemain asal Kota Dili ini dari kejaran klub lain baik di dalam maupun luar negeri.

"Saya rasa, yang paling utama adalah hatinya Gali Freitas sudah di sini. Pasti saya akan berusaha mati-matian untuk mempertahankan dia. Gali Freitas not for sale," kata Yoyok Sukawi kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Sementara pemain asal Betulala, Ainaro, Joao Pedro ini sebelumnya direkrut PSM Makassar untuk menjadi tambahan amunisi dalam ajang Piala AFC 2023.

Baca juga: Setelah Moncer di PSIS Semarang, Gali Freitas Kini Banyak Tawaran Klub Lain di Indonesia dan Luar Negeri

Bergabungnya Joau Pedro ke PSM Makassar juga tak lepas dari rekomendasi pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares, yang sebelumnya menjadi pelatih Benfica Macao.

Sejauh ini Joao Pedro sudah tampil sebanyak 3 kali, namun belum berhasil mencetak gol maupun assist bagi PSM Makassar selama dia berbagung.

Bahkan kini muncul romor yang beredar jika di putaran kedua Liga 1 Indonesia 2023, Joa Pedro tidak masuk daftar pemain yang akan dikontrak.

Baca juga: PSIS Semarang Miliki Pemain Sayap Top Termasuk Gali Freitas, CEO Mengincar Ramadhan Sananta

Seperti dalam rumor dalam unggahan instagram story @gozipbola yang diunggah Minggu (29/10/2023), kabar itu dapat diketahui.

"Kemungkinan besar PSM tidak mendaftarkan pemain Timor Leste, Joao Pedro untuk putaran kedua Liga 1 2023/24," tulis @gozipbola.

Baca juga: Gara-gara Pelanggaran Terhadap Gali Freitas, PSIS Semarang Dapat Hadiah Tendangan Penalti

Tentu, tak terdaftarnya Joao Pedro di Liga 1 2023 membuat pemain anyar PSM Makassar tersebut tak bisa bermain di ajang kompetisi kasta tertinggi di Indonesia tersebut.

Patut dinantikan bagaimana nasib selanjutnya dari Joao Pedro di PSM Makassar dan Gali Freitas di PSIS Semarang pada putaran kedua Liga 1 2023/2024. **