Helo Timor Leste

Euro 2024 Jerman: Di Usia 39, Ronaldo Kecepatan Larinya Makin Kencang

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Selasa, 25 Jun 2024 19:08
    Bagikan  
Ronaldo
X/eufa 2024 euro

Ronaldo - Tua-tua keladi, meski berumur 38 masih bertaji

HELOTIMORLESTE.COM - Cristiano Ronaldo telah mencatatkan statistik luar biasa di Euro 2024 dan itu hampir tidak bisa dipercaya.

Wajar untuk mengatakan bahwa Ronaldo tahu satu atau dua hal tentang kesuksesan di Kejuaraan Eropa.

Superstar Portugal itu nyaris menjadi juara Eropa pada usia 19 tahun, namun ia tidak bisa mencegah timnya menderita kekalahan mengejutkan 1-0 dari Yunani di final Euro 2004 .

12 tahun kemudian Ronaldo memperbaiki kesalahan tersebut ketika ia menjadi kapten Portugal meraih kemenangan di Euro 2016 di Prancis, meski ia tertatih-tatih dari final karena cedera.

Pada usianya yang ke-39, Euro 2024 bisa menjadi kesempatan terakhir pemenang Ballon d'Or lima kali itu untuk memenangkan turnamen besar bersama negaranya.

Setelah kemenangan pertandingan pembuka yang tidak meyakinkan melawan Czechia, Portugal mengalahkan Turkiye dengan kemenangan 3-0 untuk mengamankan posisi teratas di Grup F.

Ronaldo belum juga berhasil mencetak gol, meski saat melawan Turkiye dia tanpa pamrih mengarahkan bola untuk diteruskan Bruno Fernandes ke gawang yang kosong alih-alih melepaskan tembakan sendiri.

Dalam dua pertandingan tersebut terlihat jelas bahwa pemain berusia 39 tahun ini telah melewati masa terbaiknya, baik secara fisik maupun teknis.

Meski begitu, satu statistik dari penampilannya menunjukkan bahwa ia belum akan gantung sepatu.

Baca juga: Euro 2024 Jerman: Jelang Lawan Slovenia Kiper Utama Inggris Dikabarkan Cedera

pemain pada tahun 2012.

Di Euro 2012, ketika berusia 27 tahun, Ronaldo mencapai kecepatan tertinggi 32 km/jam. Empat tahun kemudian di Prancis kecepatannya turun menjadi 29,1 km/jam, sebelum meningkat menjadi 29,7 km/jam di Euro 2020 (dimainkan pada 2021).

Bahwa penyerang veteran ini telah mencatatkan kecepatan tercepatnya di Euro pada usia 39 tahun adalah hal yang luar biasa, dan merupakan bukti dari cara dia terus menjaga tubuhnya dan memberikan segalanya untuk negaranya.**