Helo Timor Leste

Bola Berisi Chip untuk Euro 2024 Menjanjikan Keputusan Offside yang Lebih Akurat

Satwika Rumeksa - Teknologi
Selasa, 21 Nov 2023 21:04
    Bagikan  
Bola Canggih
AP Photo/Markus Schreiber

Bola Canggih - Bola untuk Euro 2024 Jerman punya chip didalamnya

HELOTIMORLESTE.COM - Bola sepak berteknologi tinggi yang dapat membantu pengambilan keputusan offside yang lebih akurat akan memulai debutnya di Kejuaraan Eropa tahun depan di Jerman, setelah sebelumnya digunakan di Piala Dunia 2022.

Badan sepak bola Eropa, UEFA, dan produsen bola Adidas meluncurkan bola untuk Euro 2024 di Berlin pada hari Rabu. Bola tersebut dinamai "Fussballliebe," yang dalam bahasa Jerman berarti "kecintaan pada sepak bola," dan akan digunakan pada turnamen yang terdiri dari 51 pertandingan pada 14 Juni hingga 14 Juli mendatang.

Sebuah chip yang dipasang pada giroskop di dalam bola mengirimkan data 500 kali per detik untuk merekam titik di mana bola ditendang.

"Titik tendangan" tersebut membantu ofisial pertandingan membuat keputusan offside dengan menggunakan berbagai sudut kamera untuk menciptakan visualisasi 3D yang menggambarkan pergerakan pemain.

Baca juga: Ilmuwan: Duduk Berlebihan Dikaitkan dengan Kematian, Ini Penyebabnya

UEFA mengatakan bahwa "teknologi bola yang terhubung (memberikan) wawasan yang belum pernah ada sebelumnya ke dalam setiap elemen pergerakan bola dan berkontribusi pada proses pengambilan keputusan asisten wasit video UEFA."

Adidas juga memasok bola ke FIFA untuk Piala Dunia pria dan wanita.
UEFA menyoroti kualitas berkelanjutan dari "Fussballliebe," yang menggunakan poliester daur ulang dan tinta berbasis air, serta bahan-bahan yang meliputi serat jagung, tebu dan bubur kayu.

Adidas telah menjanjikan 1 persen dari penjualan bersih bola tersebut untuk badan amal sepak bola Common Goal yang dibuat oleh mantan gelandang Spanyol Juan Mata.**