Helo Timor Leste

Tabrakan Pesawat JAL: Pesawat Penjaga Pantai Tak Dilengkapi dengan Transponder ADS-B

Satwika Rumeksa - Teknologi
Rabu, 3 Jan 2024 11:10
    Bagikan  
Pesawat Nahas
airwaysmag.com

Pesawat Nahas - Pesawat Airbus-900 JAL-516

HELOINDONESIA.COM - Pihak berwenang sedang menyelidiki tabrakan sengit antara jet penumpang Japan Airlines dan pesawat Penjaga Pantai Jepang di landasan pacu Bandara Haneda Tokyo pada hari Selasa. Kecelakaan itu menewaskan lima orang.

Lima dari enam awak pesawat Penjaga Pantai tewas. Seluruh 379 penumpang dan awak pesawat JAL dievakuasi ke tempat aman. Empat belas penumpang jet tersebut mengalami luka ringan, dan pilot Penjaga Pantai terluka parah.

Japan Airlines Penerbangan JAL-516, sebuah Airbus A350-900, melakukan pendaratan normal di Runway C sekitar pukul 17:47. waktu setempat saat kecelakaan terjadi.

Jet itu terbakar tak lama setelah menabrak pesawat Penjaga Pantai, sebuah turboprop De Havilland Canada DHC-8 Dash 8 yang sedang menunggu lepas landas. Penumpang menggunakan perosotan evakuasi untuk turun dari jet sebelum dilalap api.

Faktor Penyebab

Perlu waktu untuk menentukan penyebabnya, kata penyelidik. Pesawat Penjaga Pantai tidak dilengkapi dengan transponder ADS-B modern, menurut Flightradar24, sebuah layanan pelacakan penerbangan internasional.

ADS-B adalah singkatan dari Automatic Dependent Surveillance-Broadcast, menurut Federal Aviation Administration. Ini memberikan posisi tiga dimensi dan identifikasi pesawat atau kendaraan lain.

Transponder ADS-B secara otomatis menyiarkan informasi tentang sebuah pesawat, termasuk:

- Lokasi Sistem Pemosisian Global.
- Ketinggian.
- Kecepatan darat.

Informasi tersebut disampaikan melalui GPS yang terhubung dengan satelit ke pengontrol lalu lintas udara dan pesawat lain setiap detiknya. Ini dianggap lebih akurat dibandingkan sistem radar konvensional.

Tabrakan terjadi setelah gelap. Seorang mantan pilot komersial mengatakan kepada Sky News, sebuah perusahaan media Inggris, bahwa ukuran dan lebar sayap pesawat Penjaga Pantai yang relatif kecil mungkin membuatnya sulit untuk dideteksi.

Para penumpang mengatakan kepada kantor berita Jepang bahwa mereka merasakan dampak pendaratan tersebut dan harus meninggalkan jet di bagian depan karena pintu belakang dan tengah tidak dapat dibuka.

TKP Tabrakan

Dibutuhkan lebih dari 100 kendaraan pemadam kebakaran selama enam jam untuk memadamkan api

Pesawat Penjaga Pantai, yang berbasis di Haneda, dijadwalkan mengirimkan pasokan bantuan kepada masyarakat di Niigata setelah wilayah tersebut dilanda gempa bumi dahsyat pada hari Senin. Setidaknya 55 orang telah meninggal.

Penerbangan JAL tiba dari Bandara New Chitose di Sapporo di wilayah utara Hokkaido.

Airbus mengatakan pihaknya mengirimkan spesialis untuk membantu penyelidikan kecelakaan tersebut. Perusahaan mengatakan A350-900 dikirim ke Japan Airlines pada tahun 2021.

Kecelakaan fatal semakin jarang terjadi di industri penerbangan, menurut Asosiasi Transportasi Udara Internasional, sebuah asosiasi perdagangan untuk maskapai penerbangan di seluruh dunia.

Asosiasi tersebut melaporkan lima kecelakaan dengan kematian di antara penumpang dan awak pada tahun 2022, menurut data terbaru yang tersedia. Jumlah tersebut turun dari tujuh kecelakaan serupa pada tahun 2021, kata asosiasi tersebut.**