Helo Timor Leste

Timor Leste Yakin Dapat Selesaikan Perselisihan Pengolahan Gas yang Sudah Berlangsung Bertahun-tahun

Satwika Rumeksa - Ekonomi
Rabu, 6 Mar 2024 13:44
    Bagikan  
Xanana Gusmao
Cassandra Morgan/AAP PHOTOS

Xanana Gusmao - PM Xanana Gusmao saat berbicara di Global Citizen Now conference di Melbourne.

HELOTIMORLESTE.COM - Perdana Menteri Timor Timur yakin dapat menyelesaikan perselisihan yang telah berlangsung selama bertahun-tahun mengenai masa depan proyek gas bernilai miliaran dolar dengan pemerintah PM Albany.

Xanana Gusmao ditanya pada hari Selasa apakah menurutnya Australia akan mendukung pemrosesan gas Greater Sunrise di negaranya daripada di Darwin.

“Saya yakin pemerintah Australia saat ini lebih berpikiran terbuka dibandingkan (pemerintahan sebelumnya),” kata Gusmao pada konferensi Global Citizen Now di Melbourne.

Perdana menteri menghindari untuk menyebut  pemerintahan Morrison, dan berkata sambil tertawa: "Saya tidak ingin menyebutkan nama. Ini adalah cara diplomatis untuk mengatakan itu... tapi ya."

Baca juga: Maria Madeira Artis Timor Leste Pertama yang Tampil di Venesia: Saya Masih Orang Asing

Timor Leste masih berupaya mewujudkan proyek tersebut dan berusaha mengatasi masalah legislatif, kata Gusmao.

Dia sedang dalam pembicaraan dengan CEO Woodside Energy Meg O'Neill, ketika negara Asia Tenggara tersebut mencoba menyelesaikan perjanjian usaha patungan dengan perusahaan Australia.

Timor Lorosa'e berencana untuk mulai memproduksi gas alam dari ladang Greater Sunrise pada tahun 2030, sebuah langkah yang penting bagi perekonomian negara tersebut.

Pemerintah Timor Leste menginginkan gas tersebut disalurkan ke lokasi di pantai selatannya, sementara Woodside, yang mengendalikan sepertiga proyek tersebut, ingin agar gas tersebut dikirim ke pusat pemrosesan yang sudah ada di Darwin.

Pemilihan lokasi telah menjadi subyek perselisihan selama bertahun-tahun.

Gusmao menyebut konflik sebagai hambatan utama dalam mengatasi kemiskinan dan masalah lainnya di negara-negara berkembang.

Baca juga: Partai Oposisi Timor Leste Soroti Kunjungan Presiden Horta Keluar Negeri yang Mencapai 120 Kali

Vaksin HPV

Pada KTT ASEAN, yang juga diadakan di Melbourne, terungkap bahwa vaksin HPV yang dikembangkan Australia akan dikirim ke Timor Timur untuk membantu hampir 430.000 perempuan di atas usia 15 tahun yang berisiko terkena kanker serviks.

Vaksin tersebut akan dikirimkan sebagai bagian dari aliansi vaksin GAVI serta negara donor.

Ini akan menjadi perubahan besar bagi bangsa ini, kata Marie-Ange Saraka-Yao dari GAVI.

“Kami berharap hal ini tidak berhenti sampai disitu saja karena meskipun ada kemajuan, kita perlu waspada karena masih ada 2,5 juta anak di wilayah ini yang tidak memiliki akses terhadap vaksin sebagai akibat dari pandemi ini,” katanya kepada AAP.

“Sekarang kita harus mengejar ketertinggalan jadi kami berharap dapat melanjutkan hal tersebut bersama Australia – pekerjaan belum selesai”.

Ada keinginan di antara negara-negara ASEAN untuk berbuat lebih banyak dalam hal penelitian dan pasokan, kata Saraka-Yao.

“Yang penting adalah vaksin tuberkulosis baru yang kami rencanakan untuk diperkenalkan dalam dua tahun ke depan, ini cukup revolusioner.

Baca juga: Pengemis ini Sukses di 2 Dunia, Dunia Akting dan Dunia Nyata, $9.730 per Bulan

“Dan selalu ada topik tentang malaria, terutama terkait perubahan iklim.”

Badan-badan bantuan kemanusiaan dan badan amal berbasis agama menggunakan konferensi Global Citizen Now untuk mendesak para pemimpin Australia membantu mencegah bencana global dengan membangun kesiapsiagaan bencana, kekuatan ekonomi, dan iklim yang lebih aman di negara-negara berkembang.

Kampanye ini menyerukan agar Australia menggandakan Dana Darurat Kemanusiaan menjadi $300 juta untuk membantu negara-negara miskin merespons krisis dengan lebih baik dan tambahan $350 juta untuk mempersiapkan mereka menghadapi bencana yang mungkin terjadi dan krisis kemanusiaan yang berkepanjangan.

Mereka juga menginginkan anggaran bantuan luar negeri Australia diperluas menjadi 0,37 persen dari pendapatan nasional bruto pada tahun 2027 dan komitmen bipartisan agar anggaran tersebut pada akhirnya mencapai 0,5 persen.

Juru bicara kampanye Tim Costello mengatakan tidak melakukan apa pun akan mengakibatkan tantangan menjadi krisis, yang kemudian berubah menjadi bencana.

Baca juga: Tendangan Hamisi Tidak Sengaja atau Barbar, Pertandingan tidak di Setop, Klarifikasi PSS Sleman

“Berinvestasi untuk menciptakan dunia yang lebih aman bagi semua orang dapat mengembalikan dunia ke jalur kemajuan, perdamaian, dan kemakmuran,” katanya.

Sepuluh dari 15 pasar ekspor utama Australia adalah negara-negara yang pernah menerima bantuan luar negeri.

Pada tahun keuangan 2022/23, Australia menyediakan lebih dari $4,5 miliar dalam keseluruhan program bantuan luar negerinya.

Kampanye ini diluncurkan dengan diskusi panel di konferensi Global Citizen Now.**